Jenis-jenis Telur Ayam Yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar : freepik/prostooleh

Telur memiliki berbagai jenis, tidak hanya dari jenis hewan yang memproduksinya. Bahkan telur ayam juga memiliki berbagai jenis loh. Ini dia jenis-jenis telur ayam yang perlu kamu tahu supaya tidak salah beli.


Telur ayam menjadi salah satu makanan primadona untuk lauk hingga bahan olahan. Jadi tidak heran jika banyak dijual di supermarket hingga e-commerce. Selain lezat, telur juga memiliki manfaat karena kandungan gizi yang tinggi.

Hampir semua bagian telur memiliki kandungan gizi. Putih telur merupakan sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Sedangkan kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan mineral. Bahkan bagian cangkang telur jika diolah dan dikonsumsi mengandung 95 persen kalsium karbonat.

Baca JugaTips Rebus Telur Supaya Lebih Mudah Dikupas

Ternyata telur juga terdiri dari berbagai jenis, bahkan telur ayam sekalipun memiliki jenisnya masing-masing. Nah supaya tidak salah membeli, ayo simak jenis-jenis telur ayam dan perbedaannya berikut ini.

1. Telur Ayam Negeri

Jenis-jenis Telur Ayam Yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar : freepik/jcomp

Jenis telur ayam negeri satu ini merupakan jenis telur ayam yang paling banyak dijumpai di pasaran. Telur ini berukuran cukup besar dengan bentuk bulat lonjong dan warnanya cokelat. Biasanya telur ini dihasilkan oleh ayam petelur yang sudah diternak. Walaupun ada juga jenis telur ini yang dihasilkan dalam bentuk rekayasa genetika.

2. Telur Ayam Kampung

Jenis-jenis Telur Ayam Yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar : freepik/cookie_studio

Selain telur ayam negeri, ada juga jenis telur ayam kampung. Telur jenis ini kadang lebih disukai karena proses pemeliharaan ayamnya yang lebih alami. Sehingga telur jenis ini memiliki lebih banyak kandungan nutrisi yang sehat.

Biasanya bentuk telur ini berwarna putih dengan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan telur ayam negeri. Karena prosesnya lebih alami maka telur ayam kampung lebih sulit ditemukan dibandingkan telur ayam negeri. Jadi jangan heran jika harganya lebih mahal juga.

3. Telur Omega 3

Jenis-jenis Telur Ayam Yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar : freepik/beorm

Sebenarnya jika dilihat secara sekilas telur ayam omega 3 tidak memiliki banyak perbedaan. Namun, untuk kandungan gizinya telur omega 3 memiliki kandungan omega atau asam lemak baik yang lebih banyak. Selain itu cangkang telur ayam omega 3 juga tidak mudah pecah dan kuning telurnya berwarna lebih pekat dan besar. Sedangkan untuk harganya juga cenderung lebih mahal jika dibandingkan telur ayam negeri.

4. Telur Ayam Organik

Jenis-jenis Telur Ayam Yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar : freepik/patrickdaxenbichler

Telur yang satu ini dihasilkan dari ayam yang sudah diternak dengan pakan khusus. Pakan yang diberikan pada ayam tidak mengandung pupuk, herbisida, dan zat kimia lainnya. Telur ayam organik ini juga lebih kaya nutrisi dan protein jika dibandingkan dengan telur lainnya.

Saat membeli telur ayam organik maka harus perhatikan nama dan nomor badan sertifikasi resmi pada kemasannya. Jangan sampai Sobat salah membeli atau tertipu dengan penjual yang tidak bertanggung jawab.

5. Telur yang Dipasteurisasi

Jenis-jenis Telur Ayam Yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar : freepik/KamranAydinov

Pernahkah Sobat melihat orang yang mengonsumsi telur mentah? Nah telur jenis ini merupakan telur yang aman untuk dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Telur yang dipasteurisasi ini merupakan telur yang sudah dipanaskan pada suhu 60 derahat Celsius selama 3,5 menit. Hal ini akan membunuh bakteri pada telur sehingga akan jika dikonsumsi langsung.

Telur ini juga baik untuk dikonsumsi anak-anak dan ibu hamil untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Itu dia jenis-jenis telur ayam yang perlu kamu tahu. Meskipun sekilas terlihat sama tetapi telur ayam ini memiliki kandungan nutrisi yang berbeda juga. Nah, jadi Sobat lebih suka jenis telur ayam yang mana?

Jangan lupa belanja telur ayam segar dari rumah di Klik Indomaret aja. Cukup 1 jam belanjaan aman sampai di rumah loh. Jadi ayo belanja di Klik Indomaret sekrang.

Belanja Telur dan Produk Segar di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here