Tips Merebus Telur Supaya Lebih Mudah Dikupas
Sumber gambar : freepik/a3pfamily

Merebus telur memang gampang tetapi untuk dapatkan hasil telur rebus yang bulat sempurna saat dikupas tidaklah mudah. Nah ini dia tips rebus telur supaya lebih mudah dikupas yang bisa Sobat coba di rumah.


Telur menjadi salah satu makanan yang cukup populer. Telur juga mudah untuk diolah seperti digoreng, direbus, hingga dijadikan bahan kue. Selain mudah diolah tetapi juga mengandung banyak nutrisi untuk tubuh.

Nah untuk Sobat yang suka makan telur rebus tentunya sering menemui putih telur yang menempel pada cangkang saat dikupas. Hal ini ternyata karena kesalahan saat merebus telur. Lantas bagaimana cara merebus telur yang benar untuk dapatkan telur yang bulat sempurna?

Tunggu Air Mendidih Sebelum Masukkan Telur

Tips Merebus Telur Supaya Lebih Mudah Dikupas
Sumber gambar : freepik

Pertama pilih panci berukuran besar dengan air yang cukup menutupi semua permukaan telur. Hal ini supaya telur matang secara merata. Sobat tidak mau kan jika telur yang matang hanya setengah bagian?

Sebelum memasukkan telur ke dalam air, pastikan air dalam panci sudah mendidih ya.

Baca Juga : Omelet Mie – Resep Praktis 10 Menit #SarapanDiRumahAja

Kecilkan Api dan Rebus Sesuai Tingkat Kematangan

Tips Merebus Telur Supaya Lebih Mudah Dikupas
Sumber gambar : freepik/atlascompany

Supaya telur tidak melompat keluar dari panci maka kecilkan api supaya didihan air dalam panci lebih tenang. Setelah itu atur timer untuk merebus telur, sesuaikan dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Logikanya jika semakin lama dimasak maka telur juga akan semakin matang.

Oleh sebab itu perhatikan beberapa patokan timer untuk merebus telur sesuai dengan kematangannya berikut ini:

  • 2 Menit

Telur yang direbus selama dua menit akan menghasilkan telur dengan bagian putih dan kuningnya yang setengah matang.

  • 4 Menit

Telur rebus ini akan menghasilkan telur ala ramen dengan bagian putih telur matang dan bagian kuningnya setengah matang.

  • 6 Menit

Telur rebus ini akan menghasilkan putih telur terasa keras dan kuning telur terasa lengket.

  • 8 Menit

Putih telur yang direbus selama delapan menit akan lebih keras, dan kuning telur hampir matang sempurna karena sudah padat namun masih sedikit lengket.

  • 10 Menit

Putih telur dan kuning telur matang sempurna, namun masih bisa merasakan kelembutan di bagian kuning telurnya.

  • 15 Menit

Putih dan kuning telur yang benar-benar matang dan kering. Biasanya untuk mengolah telur balado atau semur telur biasanya merebus telur selama 15 menit.

Masukkan Telur Dalam Air Es

Tips Merebus Telur Supaya Lebih Mudah Dikupas
Sumber gambar : freepik

Siapkan air es dalam wadah besar. Masukkan telur yang sudah direbus ke dalam wadah berisi air es. Air es ini  berguna untuk menghentikan proses telur memasak sendiri karena panas yang terperangkat pada telur. Tidak hanya itu, air es juga memudahkan telur ketika dikupas sehingga berbentuk bulat sempurna.

Kupas Secara Perlahan

Tips Merebus Telur Supaya Lebih Mudah Dikupas
Sumber gambar : freepik/stockking

Usahakan untuk mengupas telur secara perlahan supaya tidak merusak tekstur telur sehingga tetap berbentuk bulat sempurna. Bisa juga gunakan kain untuk menahan telur supaya tidak tergelincir ketika dikupas.

Itu dia beberapa tips rebus telur supaya lebih mudah dikupas sehingga lebih cantik saat disajikan. Jangan lupa juga untuk memilih telur yang berkualitas supaya hasil telur rebus juga bagus dan sehat.

Beli telur yang berkualitas dan berbagai macam mulai dari telur ayam kampung, hingga telur omega 3 bisa dari rumah di Klik Indomaret loh. Hanya menunggu 1 jam aja, pesanan sudah sampai di rumah loh.

Belanja Telur di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here