Manfaat Kulit Telur dan Cara Mengolahnya
Sumber gambar : freepik/Aleksandr Kirillov

Siapa sangka kulit telur atau cangkang telur ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan loh. Nah simak apa saja manfaat kulit telur dan cara mengolahnya di sini.


Sobat penggemar telur? Telur dadar, telur ceplok, telur balado, atau olahan telur lainnya? Selain lezat telur juga memiliki segudang manfaat. Bahkan tahukah Sobat jika kulit atau cangkang telur juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi bagi kesehatan loh.

Baca Juga : Jenis-jenis Telur Ayam Yang Perlu Kamu Tahu

Jadi buat Sobat yang selama ini membuang kulit telur begitu saja, sesungguhnya menyia-nyiakan segudang nutrisi baiknya. Lantas apa saja manfaat dari kulit telur ini? Ayo baca informasinya berikut ini.

1. Menyembuhkan Iritasi Kulit

Manfaat Kulit Telur dan Cara Mengolahnya
Sumber gambar : freepik/lovelyday12

Ketika mengalami luka atau iritasi pada kulit ternyata bisa memanfaatkan cangkang telur. Caranya mudah, cukup masukkan bubuk kulit telur dalam secangkir cuka apel dan diamkan selama beberapa jam. Setelahnya oleskan campuran ini ke atas luka iritasi pada kulit dan biarkan selama beberapa menit.

2. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat Kulit Telur dan Cara Mengolahnya
Sumber gambar : freepik/user14636459

Sobat sering mengalami nyeri sendi? Jika iya, Sobat bis atasi dengan memanfaatkan cangkang telur. Dengan mengonsumsi cangkang telur yang sudah diolah dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Hal ini karena cangkang atau kulit telur ini mengandung nutrisi seperti kolagen kondoitin, glukosamin, dan hyaluronik yang baik untuk sendi.

3. Mencerahkan Wajah

Manfaat Kulit Telur dan Cara Mengolahnya
Sumber gambar : freepik/jcomp

Tidak hanya mengobati luka ataupun nyeri sendi, ternyata cangkang telur juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Caranya dengan membuat masker wajah dengan cangkang telur.

Membuatnya juga mudah, cukup ambil satu putih telur dan bubuk kulit telur lalu aduk hingga merata. Jika sudah tercampur rata olehkan ke kulit wajah dan biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air.

4. Penuhi Kebutuhan Kalsium

Manfaat Kulit Telur dan Cara Mengolahnya
Sumber gambar : freepik/jcomp

Kulit telur mengandung kalsium yang cukup tinggi dan mudah diserap tubuh jika dibandingkan dengan suplemen. Terlebih kalsium ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Oleh karena itu dengan mengonsumsi kulit telur yang sudah diolah dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Dengan kebutuhan kalsium yang tercukupi ini maka dapat mengurangi risiko penyakit osteoporosis.

Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Konsumsi Kulit Telur

Nah itu beberapa manfaat dari cangkang atau kulit telur yang bisa Sobat coba di rumah. Namun sebelum mengonsumsi cangkang telur pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan untuk cangkang telur dibersihkan sampai benar-benar bersih dengan direbus dahulu dalam air mendidih supaya tidak ada bakteri salmonella dan bakteri lainnya.
  2. Sebelum dihaluskan pastikan cangkang telur sudah bersih dan benar-benar kering supaya lebih tahan lama dan tidak berjamur.
  3. Pastikan cangkang telur dihaluskan hingga benar-benar halus menyerupai bubuk. Karena jika teksturnya masih kasar dapat melukai dinding tenggorokan saat di konsumsi.

Itu beberapa hal tentang manfaat kulit telur dan cara mengolahnya serta hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi cangkang telur. Jangan lupa untuk  belanja telur segar di Klik Indomaret. Karena banyak promonya, gratis ongkir, dan 1 jam aja pesanan sudah sampai loh. Jadi tunggu apalagi, ayo belanja telur di Klik Indomaret sekarang.

Manfaat Kulit Telur dan Cara Mengolahnya

Belanja Telur dan Produk Segar Lainnya di Sini

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here