5 Vitamin Yang Dibutuhkan Saat Puasa Supaya Tubuh Tetap Fit
Sumber gambar : freepik/odua

Saat berpuasa tubuh rentang untuk kekurangan nutrisi dan vitamin. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu.


Penting untuk memperhatikan asupan nutrisi saat berpuasa, ini bertujuan supaya tubuh tetap fit dan bugar. Salah satu cara terbaik untuk tubuh tetap fit saat berpuasa yaitu dengan olahraga dan pastikan tubuh mendapatkan nutrisi lengkap seperti vitamin.

Untuk mendapatkan vitamin yang cukup ternyata tidak sulit, cukup memperhatikan menu makanan saat sahur dan berbuka. Usahakan makan buah, sayur, dan makanan sehat lainnya saat sahur dan berbuka. Sobat juga bisa mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen.

Lantas vitamin apa saja yang dibutuhkan saat berpuasa supaya tubuh tetap fit dan sehat? Nah, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Vitamin A

5 Vitamin Yang Dibutuhkan Saat Puasa Supaya Tubuh Tetap Fit
Sumber gambar : freepik/yuliyafurman

Vitamin A memiliki manfaat yang baik seperti meningkatkan kesehatan mata dan kekebalan tubuh. Sobat bisa dapat menemukan vitamin dalam makanan hewani seperti ikan, telur, udang, dan susu. Atau bisa juga dari wortel, kangkung, dan brokoli.

Vitamin B6

5 Vitamin Yang Dibutuhkan Saat Puasa Supaya Tubuh Tetap Fit
Sumber gambar : freepik

Saat berpuasa untuk menahan lapar seharian tentunya dapat menurunkan kinerja otak. Nah, Sobat bisa atasi dengan konsumsi vitamin B6 saat sahur dan buka puasa.

Vitamin B6 ini mampu meningkatkan fungsi otak dengan membentuk hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Sobat bisa temui Vitamin B6 dalam daging ayam, telur, dan kacang-kacangan.

Vitamin C

5 Vitamin Yang Dibutuhkan Saat Puasa Supaya Tubuh Tetap Fit
Sumber gambar : freepik/jcomp

Vitamin yang satu ini memang sangat diperlukan oleh tubuh. Pasalnya vitamin C ini kaya akan oksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Sobat bisa temukan vitamin ini dalam bayam, brokoli, jeruk, stroberi dan lainnya.

Namun, jika Sobat mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, sebaiknya minum 30 menit sebelum sahur atau 1 jam setelah sahur supaya lebih mudah diserap tubuh.

Baca Juga : Minum Vitamin Baiknya Pagi Atau Malam Hari?

Vitamin D

5 Vitamin Yang Dibutuhkan Saat Puasa Supaya Tubuh Tetap Fit
Sumber gambar : freepik/feelinglucky

Selain vitamin C, untuk menjaga daya tahan tubuh bisa juga dengan vitamin D. Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin D juga mampu menjaga kesehatan tulang. Cara mendapatkannya juga cukup mudah yaitu dengan berjemur di pagi hari atau bisa konsumsi dari makanan seperti susu dan keju.

Zinc

5 Vitamin Yang Dibutuhkan Saat Puasa Supaya Tubuh Tetap Fit
Sumber gambar : freepik

Selanjutnya merupakan mineral yang cukup berperan penting dalam tubuh yaitu zinc. Mineral ini berperan untuk mengaktifkan sel darah putih dan berfungsi melawan penyakit. Sobat dapat mengonsumsi zinc dari makanan seperti kacang-kacangan, susu, telur atau dari suplemen.

Itu dia beberapa vitamin yang dibutuhkan saat puasa. Sebenarnya masih banyak vitamin dan mineral lainnya yang juga tidak kalah penting untuk menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa. Selain dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, dan daging Sobat juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dengan konsumsi suplemen kesehatan.

Sobat bisa temukan berbagai suplemen kesehatan untuk mendukung tubuh tetap fit saat berpuasa di Klik Indomaret. Cukup dengan 1 aplikasi, Sobat bisa belanja berbagai kebutuhan mulai dari grocery, vitamin, hingga buah dan sayur.

Belanja Vitamin dan Suplemen di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here