5 Tips Merawat Rambut Panjang Untuk Pria
Sumber gambar : freepik/Juan Pablo Olaya Celis

Rambut panjang selalu identik pada wanita, tetapi bagi beberapa pria senang memiliki rambut panjang alias gondrong. Rambut panjang memang membuat penampilan pria lebih telihat unik. Namun, merawat rambut panjang tentu akan lebih sulit jika dibandingkan rambut pendek.  

Merawat rambut panjang tidak boleh sembarangan. Perawatan rambut panjang pada pria yang dilakukan dengan tidak hati-hati, justru membuat rambut jadi rusak dan sulit untuk diatur kembali. Nah, bagaimana cara merawat rambut panjang pada pria? Berikut langkah-langkahnya:

Jangan Malas Mencuci Rambut

5 Tips Merawat Rambut Panjang Untuk Pria
Sumber gambar : freepik

Ini kerap terjadi dikalangan pria berambut panjang karena malas, biasanya hanya keramas seminggu sekali. Perawatan rambut panjang pria yang pertama adalah dengan melakukan keramas secara rutin. Pilihlah jenis sampo yang sesuai dengan kondisi rambut, apakah kering atau berminyak. Setelah itu, keramasi rambut secara perlahan dan merata.

Sebaiknya, menyisir rambut terlebih dahulu agar tidak terlalu kusut saat keramas nantinya. Ratakan shampo hingga kulit kepala dan sesekali lakukan pijatan supaya shampo cepat merata. Setelah itu bilas sampai bersih dengan air dingin/hangat, tidak  dianjurkan dengan air panas karena dapat membuat rambut menjadi kering.

Setelah itu gunakan kondisioner untuk menjaga rambut tetap terhidrasi dan lebih lembut. Tunggu 2-3 menit kemudian bilas hingga bersih.

Baca Juga : Gaya Rambut Pria 2023 yang Bisa Jadi Inspirasi

Keringkan Rambut dengan Benar

5 Tips Merawat Rambut Panjang Untuk Pria
Sumber gambar : freepik/master1305

Keringkan rambut setelah keramas dengan handuk secara perlahan. Jangan menggosokkan handuk terlalu keras ke rambut. Menggosok rambut panjang yang masih basah menggunakan handuk akan menyebabkan kerusakan pada lapisan luar rambut. Hal ini dikarenakan rambut yang bergesekan dengan kain handuk yang mungkin kasar.

Batasi penggunaan alat pengering rambut (hair dryer) yang panas. Alat penata rambut dengan panas ikut meningkatkan risiko kerusakan rambut. Begitu pula jangan terlalu sering menggunakan catokan, dan pengeriting.

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

5 Tips Merawat Rambut Panjang Untuk Pria
Sumber gambar : freepik

Jika sedang melakukan aktivitas yang berat hingga perlu untuk mengikat rambut supaya lebih leluasa maka longgarkan ikatan rambut tersebut. Bila terlalu ketat atau rambut tertarik terlalu kencang, ini dapat menyebabkan kerontokan rambut karena kerusakan pada akar rambut.

Potong Ujung Rambut Secara Berkala

5 Tips Merawat Rambut Panjang Untuk Pria
Sumber gambar : freepik/katemangostar

Meskipun sudah mencuci rambut dan menggunakan konsioner secara rutin tetapi ujung rambut masih terlihat kering dan bercabang. Maka dengan memotong ujung rambut secara berkala dapat membuat rambut lebih sehat karena bagian yang bercabang dan kering hilang. Selain membuat tampilan rambut tetap terlihat rapi, hal ini juga dapat memicu pertumbuhan rambut.

Gunakan Vitamin dan Masker Rambut

5 Tips Merawat Rambut Panjang Untuk Pria
Sumber gambar : freepik

Layaknya manusia akan lebih sehat jika minum vitamin, begitu pula rambut. Supaya rambut lebih sehat, lembut, dan tidak mudah rontok gunakan vitamin dan masker rambut secara berkala. Tidak harus setiap hari cukup seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Pilihlah vitamin dan masker rambut yang sesuai dengan kondisi rambut. Temukan berbagai pilihan vitamin dan produk perawatan rambut di Klik Indomaret.

5 Tips Merawat Rambut Panjang Untuk Pria
Periode promo hingga 31 Maret 2023

Belanja Produk Perawatan Rambut di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here