5 Kuliner Khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba
Sumber gambar : freepik/ikarahma

Siapa sih yang tidak kenal dengan kota yang dijuluki sebagai Kota Pelajar ini? Ya benar banget, Yogyakarta punya segudang destinasi seru dan kuliner yang melimpah. 

Tidak hanya itu, di beberapa daerah Yogyakarta juga menghadirkan keindahan alam yang memanjakan mata dan membuat kita rasanya ingin kembali lagi nantinya.

Mengunjungi daerah yang indah ini, selain bisa memanjakan mata pastinya juga bisa memanjakan perut dengan aneka kulinernya yang lezat. Nah, kamu punya keinginan berkunjung ke Yogyakarta dalam waktu dekat ini?

Bisa simak beberapa rekomendasi kuliner lezat khas Yogyakarta yang wajib untuk kamu coba berikut ini. 

Gudeg 

Siapa sih yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini, Gudeg umumnya punya cita rasa yang manis dan dipenuhi aneka macam lauk lezat. Biasanya isian dari lauk pauk Gudeg ini, adalah tempe atau tahu bacem, telur bulat, krecek, suwiran nangka muda, ayam dan sambal.

Kelezatan Gudeg ini tentu rasanya akan lebih nikmat, jika dimakan langsung di daerah asalnya. Kamu bisa menambahkan gorengan, agar makan gudeg terasa lebih nikmat.

Cenil

Kamu lagi ingin cemilan dan suka rasa manis? Bisa coba camilan khas Jogja bernama Cenil ini sobat. Jajanan tradisional yang tidak lekang oleh waktu ini, punya rasa dan tekstur kenyal yang unik, umumnya cenil berwarna-warni dan ditaburi dengan kelapa parut yang menghasilkan rasa gurih pada makanan ini.

Tidak sendiri alias biasanya cenil dimakan bersama dengan camilan lainnya. Seperti lupis, gatot dan lainnya. 

Mangut lele

Buat kamu pecinta kuliner berbahan dasar lele, boleh banget coba mangut lele yang merupakan kuliner khas Yogyakarta ini. Kuliner lele dengan siraman kuah santan yang pedas dan juga gurih ini jadi primadona bagi kamu yang suka kuliner olahan berkuah santan.

Ada banyak tempat atau warung makan yang menyediakan mangut lele ini di Yogyakarta. Salah satu yang terkenal enak dan legendaris adalah mangut lele Mbah Marto.

Belalang Goreng

Kalau kuliner yang satu ini cocok buat kamu yang suka tantangan dan mencoba berbagai makanan baru. Belalang goreng atau disebut juga Walang goreng, terbuat dari belalang yang digoreng hingga kering, sehingga saat dimakan terasa renyah dan gurih.

Biasa dijadikan sebagai cemilan atau belalang goreng ini bisa sobat makan bersama nasi putih hangat, sebagai lauk yang unik namun tetap enak untuk disantap.

Oseng Mercon

Siapa suka kuliner pedas? Pasti cocok dengan kuliner khas Yogyakarta yang satu ini. Sesuai namanya Oseng Mercon, punya rasa yang lezat dan pedas di lidah yang enak untuk dinikmati bersama nasi hangat.

Pada umumnya Oseng Mercon terbuat dari bagian daging sapi atau tetelan, diberi bumbu kuah pedas dan cabai rawit utuh.

Bagaimana kuliner di atas sobat? Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan saat pergi keluar kota ya.

Sumber informasi: jogjakita.co.id

https://www.klikindomaret.com/promo-jaga-imunitas-sehat-beraktivitas
Periode pormo hingg 31 Maret 2022

Ayo Belanja Produk Kesehatan dan Travel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here