Vongole on a wooden plate with parsley. On a rustic dark background. High quality photo

Seafood menjadi salah satu olahan kuliner favorit. Tidak heran karena seafood memiliki cita rasa segar dan nikmat jika diolah dengan bumbu yang pas dan proses memasak yang tepat.

Salah satu olahan seafood yang terkenal dan digemari banyak orang adalah kerang. Hewan bercangkang yang satu ini, walaupun diluar terlihat keras namun memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang segar.

Yuk intip berbagai macam jenis kerang yang lezat untuk diolah menjadi hidangan lezat berikut ini.

Kerang Dara

Sumber gambar : freepik/user22978605

Jenis kerang yang satu ini merupakan kerang yang cukup populer. Rasa dagingnya yang lembut dan lezat membuat kerang dara lezat untuk diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Namun hidangan yang paling sering diolah dari kerang dara adalah dengan cara direbus dan nantinya dimakan dengan cocolan saus. Dinamakan kerang dara atau ada pula yang menyebutnya kerang darah karena pada bagian dalam kerang berwarna kemerahan.

Kerang Bambu

Sumber gambar : freepik/studio2013

Pernah dengar jenis kerang yang satu ini? Meskipun memiliki nama yang unik dan kurang lazim di telinga tetapi kerang bambu punya rasa yang tidak kalah lezat dengan jenis kerang lainnya. 

Kerang bambu sama seperti namanya, memiliki bentuk tubuh yang panjang dan cangkang yang panjang juga berwarna hijau sehingga pas dijuluki sebagai kerang bambu.

Kerang Simping

Sumber gambar : freepik/topntp26

Kalau jenis kerang yang satu ini seringkali jadi hidangan mewah di restoran mahal karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak. Kerang simping atau disebut juga dengan scallop memiliki cangkang yang tipis dan berwarna kecoklatan.

Meskipun cangkang luarnya terlihat tipis, isi daging pada kerang simping tampak tebal dan enak untuk dimasak dengan beberapa cara tertentu.

Kerang Hijau

Sumber gambar : freepik/artitwpd

Siapa yang suka makan kerang hijau? Kerang yang satu ini selain punya harga yang murah juga memiliki rasa yang lezat apalagi jika dimasak dengan bumbu-bumbu yang tepat. 

Penggunaan bumbu yang tepat juga akan menghasilkan kerang hijau yang tidak amis atau bau sehingga menambah kenikmatannya saat akan disantap nanti.

Kerang Bulu

Mungkin sekilas kerang bulu hampir mirip dengan kerang dara, dikarenakan cangkangnya yang berbentuk bergaris dan cembung. Namun ternyata kedua jenis kerang ini berbeda, kerang bulu memiliki bulu hitam halus di sekujur cangkang sedangkan kerang dara tidak.

Perbedaan lainnya adalah isi daging, jika daging kerang dara berwarna merah maka daging kerang bulu berwarna jingga. Biasanya kerang ini dapat direbus atau diolah menjadi campuran masakan seperti tumis atau sup yang lezat.

Itu dia beberapa jenis kerang lezat yang bisa sobat coba. Kerang akan semakin lezat jika diolah dengan bumbu dan cara pengolahan yang tepat. Tapi sebelum itu pastikan kamu juga tidak punya alergi akan makanan seafood atau jenis kerang-kerangan ya.

Belanja Seafood di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here