4 Tips Sehat Makan Seafood Tanpa Takut Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik/user18003440

Konsumsi seafood menjadi salah satu penyebab naiknya kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu perlu memperhatikan beberapa hal saat akan konsumsi seafood.


Seafood merupakan salah satu makanan nikmat tetapi kurang aman bagi penderita kolesterol tinggi. Karena beberapa jenis seafood mengandung kolesterol yang cukup tinggi dan semakin tinggi jika diolahnya kurang sehat seperti digoreng.

Padahal makanan laut ini kaya akan asam lemak, omega 3, dan gizi lainnya yang baik untuk kesehatan. Jangan khawatir, Sobat tetap bisa makan seafood dan dapatkan nutrisinya tanpa harus takut kolesterol semakin naik. Simak tips sehat makan seafood tanpa takut kolesterol naik berikut ini.

Cara Memasak

4 Tips Sehat Makan Seafood Tanpa Takut Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik/graphixchon

Menggoreng makanan dapat menyumbang lebih banyak lemak jahat dan berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cara memasak seafood yang aman yaitu dengan dipanggang, dikukus, atau direbus. Contohnya seperti kerang rebus, pepes ikan, ikan bakar, dan lainnya.

Meskipun begitu, Sobat tetap masih bisa menggoreng seafood dengan minyak sehat seperti canola atau minyak zaitun. Hindari menggunakan minyak sayur, terlebih minyak yang sudah digunakan berulang kali.

Tambahkan Rempah dan Jeruk Lemon

4 Tips Sehat Makan Seafood Tanpa Takut Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik/KamranAydinov

Garam juga salah satu penyebab meningkatnya kolesterol tubuh. Jadi saat memasak seafood ganti garam dengan rempah dan bumbu-bumbu lainnya. Beberapa rempah juga bisa membantu menurunkan kolesterol seperti bawang putih.

Sobat juga bisa menambahkan perasan lemon saat mengolah seafood. Selain mengurangi bau amis, kandungan vitamin C dan flavonoid dalam jeruk lemon dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

Tambahkan Makanan Berserat

4 Tips Sehat Makan Seafood Tanpa Takut Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik/jcomp

Serat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu. Serat dari kacang-kacangan seperti kacang polong atau buncis bisa jadi pendamping saat makan seafood.

Selain itu tahu dan tempe juga bisa jadi pendamping makan seafood. Kandungan protein dari kacang kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sobat juga bisa menambahkan makan buah sebelum atau sesudah makan seafood.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan Buah-buahan

Porsi Makan Seafood

4 Tips Sehat Makan Seafood Tanpa Takut Kolesterol Naik
Sumber gambar : freepik/Utku Demirsoy

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu pula saat makan seafood. Batasi porsi makan seafood supaya kadar kolesterol tidak naik. Menurut American Heart Association, asupan kolesterol yang dianjurkan tidak lebih dari 300 miligram. Jadi dianjurkan membatasi konsumsi seafood 8 ons per minggu.

Itu dia beberapa tips sehat makan seafood tanpa takut kolesterol naik yang bisa Sobat terapkan. Namun, ada baiknya konsultasikan dengan dokter supaya lebih aman dengan kondisi tubuh. Jangan lupa juga selalu terapkan hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat dan tinggi gizi ya.

Belanja produk segar, buah, dan sayur serta makanan bernutrisi tinggi kini bisa dari rumah dengan aplikasi Klik Indomaret loh. Cukup dari satu aplikasi bisa penuhi berbagai kebutuhanmu, gratis ongkir dan 1 jam sampai juga. Jadi tunggu apalagi, ayo buruan download Klik Indomaret sekarang.

Ayo Belanja Produk Segar di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here