Cara Menurunkan kolesterol alami
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Kolesterol ternyata tidak hanya menyerang orang tua atau memiliki berat badan yang berlebih. Penyakit ini tidak mengenal usia dan kondisi badan, pasalnya banyak juga ditemui penderita kolesterol di usia muda dan berbadan ideal.

Kolesterol yang tinggi bisa sangat berbahaya karena penderitanya berisiko untuk terserang beberapa penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu penting untuk menjaga kadar kolesterol supaya tetap diambang normal, karena sebenarnya kolesterol juga bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga : Meski Dihindari Ini Peran Penting Kolesterol dalam Tubuh

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan penurun kolesterol. Meski prosesnya membutuhkan waktu lebih lama dan lebih lambat dibanding obat penurun kolesterol, tapi mengonsumsi buah akan lebih aman dan tentunya tanpa efek samping. Berikut buah-buahan penurun kolesterol yang dapat sobat coba.

Tomat

Cara Menurunkan kolesterol alami
Sumber gambar : freepik/KamranAydinov

Tomat menjadi salah satu buah penurun kolesterol yang cukup ampuh. Dikutip dari Kemenkes menurut riset jurnal Maturitas menyebutkan tomat yang sudah dimasak berkhasiat hampir sama dengan obat kimia penurun kolesterol. Selain itu, tomat tidak memiliki efek samping seperti lemas, sakit otot, dan bahkan kerusakan saraf saat rutin dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Alpukat

Cara Menurunkan kolesterol alami
Sumber gambar : freepik/stockking

Banyak yang beranggapan alpukat mengandung banyak lemak dan tidak baik untuk kesehatan. Kandungan lemak dalam alpukat memang cukup tinggi, yakni sekitar 16 persen. Tapi, kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak yang menyehatkan, sebab 63% penyusunnya merupakan asam lemak tak jenuh, terutama jenis asam lemak tak jenuh tunggal.

Selain sebagai berkhasiat untuk menjaga pembuluh darah, alpukat sangat dianjurkan karena mengandung banyak serat dan omega-9. Omega-9 dan serat inilah yang akan menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

Jeruk Nipis

Cara Menurunkan kolesterol alami
Sumber gambar : freepik/

Buah satu ini memang jarang sekali dikonsumsi secara langsung. Namun, tahukah sobat kandungan senyawa flavonoid dalam jeruk nipis berkhasiat menurunkan tingkat produksi kolesterol jahat (LDL – low density lipoprotein). Selain jeruk nipis, flavonoid ini juga banyak ditemui pada kedelai, tomat, teh, delima, brokoli, serta bawang merah dan bawang bombay. Sobat bisa menikmati jeruk nipis dengan mengirisnya tipis-tipis dan menyeduhnya dalam gelas berisi air panas selama 30 menit.

Apel

Cara Menurunkan kolesterol alami
Sumber gambar : freepik/lifeforstock

Buah ini menjadi buah yang cukup popular karena rasanya yang lezat. Salah satu khasiat buah apel rupanya juga bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Kandungan zat beta-glucan yang terdapat di dalamnya memiliki peranan untuk mengontrol produksi kolesterol dalam darah.

Semangka

Cara Menurunkan kolesterol alami
Sumber gambar : freepik/poringdown

Siapa yang nggak kenal buah segar satu ini, selain ampuh menghilangkan dahaga seketika, ternyata semangka juga termasuk dalam buah-buahan penurun kolesterol. Pasalnya, semangka juga mengandung likopen, sama halnya dengan tomat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selain konsumsi buah-buahan di atas, Sobat juga bisa melakukan beberapa cara lain untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Olahraga dan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat merupakan cara yang cukup efektif juga untuk menjaga kadar kolesterol tubuh. Ayo belanja buah, sayur, dan makanan sehat di Klik Indomaret karena banyak promo dan gratis ongkir.

Cara Menurunkan kolesterol alami

Belanja Buah-buah Segar di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here