tips supaya tidur lebih nyenyak
Sumber gambar : freepik/jcomp

Tidak nyenyak saat tidur menjadi salah satu masalah yang kerap dialami beberapa orang. Tidur yang tidak nyenyak ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental loh. Nah oleh karena itu tidur yang berkualitas penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan mental.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kualitas tidur menjadi lebih baik. Simak tips tidur lebih berkualitas berikut ini.

Hindari Olahraga Berat Sebelum Tidur

tips supaya tidur lebih nyenyak
Sumber gambar : freepik/tirachardz

Olahraga memang dapat membuat tidur lebih lelap tetapi olahraga juga dapat menghasilkan efek segar yang justru membuat tubuh semakin terjaga.

Buah sobat yang sulit tidur disarankan untuk mengganti olahraga berat dengan relaksasi yang menenangkan, seperti melakukan yoga, membaca buku, berendam air hangat, atau mendengarkan musik.

Hindari Makan Berat Sebelum Tidur

Makan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga bisa mengganggu tidur. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit, sereal, atau susu.

Hindari Mengonsumsi Kopi Sebelum Tidur

tips supaya tidur lebih nyenyak
Sumber gambar : freepik/mumemories

Kopi mengandung zat kafein yang dapat membuat Anda menjadi sulit tidur. Meski dipaksakan untuk tidur, Anda bisa terbangun beberapa kali pada malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur menurun dan mengurangi waktu tidur.

Hindari Penggunaan Handphone Sebelum Tidur

tips supaya tidur lebih nyenyak
Sumber gambar : freepik/odua

Hindari penggunaan handphone saat sebelum tidur supaya lebih rileks dan lebih mudah tertidur. Kosongkan juga pikiran dengan ‘melupakan’ sejenak berbagai pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian. Supaya tidur lebih nyenyak sebaiknya matikan lampu tidur di kamar saat tidur.

Mendengarkan “Pink Noise”

Mendengarkan pink noise  ternyata lebih baik dalam mengatasi masalah tidur nyenyak dibandingkan white noise (suara lingkungan). Pink noise merupakan suara yang konsisten dengan frekuensi lebih rendah misalnya suara dengung kipas angin atau rintik hujan yang stabil.

Selain tips di atas, Sobat juga disarankan untuk membuat jadwal tidur teratur, bahkan saat akhir pekan. Jangan lupa untuk menciptakan suasana ruang tidur senyaman mungkin agar tidur lebih berkualitas. Kualitas tidur yang baik adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Selain itu, tidur juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga suasana hati, dan menjaga pikiran agar tidak stres.

Belanja Produk Kebutuhan Rumah Tangga di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here