sushi dan onigiri
Sumber gambar : freepik/Edgunn

Sekilas terlihat mirip tapi ternyata sushi dan onigiri memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya ? Simak selengkapnya disini.


Pencinta makanan Jepang pasti tidak asing dengan sushi dan onigiri. Makanan ini menjadi salah satu makanan ikonik dari Jepang yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Meskipun keduanya terdiri dari nasi sebagai bahan dasar tetapi memiliki perbedaan yang mencolok loh.

Lantas apa saja perbedaannya? Ini dia beberapa perbedaan sushi dan onigiri yang perlu kamu tahu.

1. Cara Pembuatan

Salah satu perbedaan utama antara sushi dan onigiri terletak pada cara pembuatannya. Jika sushi dibuat dengan cara menggulung nasi dengan isian di dalam nori menggunakan bambu mat. Nasi sushi umumnya dicampur dengan cuka beras agar memiliki rasa asam yang khas.

Sedangkan onigiri terbuat dari nasi yang dibentuk menjadi segitiga, bulat, atau oval dengan tangan. Nasi yang digunakan juga tidak ditambahkan cuka beras. Biasanya, onigiri juga tidak menggunakan nori untuk membungkusnya, tetapi bisa juga menggunakan selembar nori di luar bungkus untuk memberikan rasa yang lebih beragam.

Baca Juga : Cara Menyimpan Onigiri Supaya Tidak Cepat Basi

2. Bahan Isian

Sushi dan onigiri juga memiliki perbedaan pada bahan isian yang digunakan. Sushi seringkali menggunakan ikan mentah atau makanan laut lainnya seperti salmon, tuna, atau udang. Selain itu, sushi juga dapat diisi dengan sayuran, telur, dan bahan lainnya.

Jika onigiri lebih sering menggunakan bahan isian yang dimasak, seperti umeboshi (asinan buah prem) yang asam atau salmon panggang. Onigiri juga dapat diisi dengan bahan isian yang lebih umum seperti ikan tuna, daging ayam, atau sayuran seperti alpukat dan mentimun.

3. Tampilan

Sushi umumnya disajikan dalam potongan yang lebih kecil dan ditempatkan di atas piring atau nampan dengan hiasan seperti irisan jahe dan wasabi. Bentuk dan ukuran sushi dapat bervariasi, tetapi gaya yang paling umum adalah nigiri sushi (nasi dengan irisan ikan di atasnya) dan maki sushi (gulungan sushi).

Jika onigiri memiliki bentuk segitiga, bulat, atau oval yang lebih khas dan dapat langsung dimakan tanpa perlu pemotongan. Onigiri juga sering dibungkus dengan plastik wrap atau daun nori untuk memudahkan saat menyantapnya.

Baca Juga : Harga Varian Onigiri Indomaret yang Nikmat

4. Cara Menyantap

Cara menyantapnya juga berbeda. Sushi biasanya dimakan dengan sashimi (irisan ikan mentah) yang dicelupkan ke dalam kecap atau wasabi, atau dengan mencelupkannya ke dalam kecap asin dan kemudian dimakan langsung.

Onigiri dapat dimakan dengan tangan langsung atau menggunakan pembungkus untuk menghindari tangan langsung menyentuh nasi. Beberapa orang juga menambahkan kecap atau saus ke onigiri sebelum memakannya.

Itu dia beberapa perbedaan sushi dan onigiri yang memang sekilas terlihat sama. Jangan lupa untuk belanja onigiri dan makanan Jepang lainnya di Klik Indomaret Food. Selain pilihan makanannya banyak, promonya juga berlimpah, dan gratis ongkir juga. Tunggu apalagi yuk belanja di Klik Indomaret Food sekarang.

sushi dan onigiri
Periode promo hingga 31 Juli 2023

Belanja Onigiri dan Jajanan di Klik Indomaret Food

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here