cara menyimpan onigiri
Sumber gambar : freepik/ikarahma

Onigiri kerap dijadikan makanan siap saji yang langsung dimakan. Namun, jika kamu ingin memakannya nanti maka perlu memperhatikan cara menyimpan onigiri supaya tidak cepat basi berikut ini.


Onigiri adalah makanan tradisional Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk menjadi segitiga atau bulat dan diisi dengan berbagai macam bahan seperti ikan, daging, atau sayuran. Onigiri selain lezat tetapi juga pilihan untuk sarapan cepat dan mengenyangkan.

Namun, jika berniat menjadikan onigiri sebagai bekal yang dimakan di siang atau malam hari. Maka penting untuk memperhatikan cara menyimpan onigiri supaya tidak  cepat basi. Terlebih onigiri umumnya terbuat dari nasi, ada kemungkinan cepat basi jika tidak disimpan dengan benar.

Nah ini dia beberapa tips tentang cara menyimpan onigiri supaya tetap segar dan enak lebih lama.

1. Hindari Menyimpan di Ruangan yang Panas

Suhu ruangan yang tinggi dapat mempercepat pembusukan makanan, termasuk onigiri. Pastikan untuk menyimpan onigiri di tempat yang sejuk dan kering. Hindari meninggalkan onigiri di suhu ruangan yang terlalu tinggi atau di bawah sinar matahari langsung.

Baca Juga : Harga Varian Onigiri Indomaret yang Nikmat

2. Bungkus Onigiri dengan Rapat

Penting untuk membungkus onigiri dengan rapat agar tidak terkena udara yang dapat membuatnya cepat basi. Gunakan selembar plastik wrap atau daun nori untuk membungkus onigiri. Pastikan bungkusan tersebut rapat dan tidak ada celah yang dapat memungkinkan masuknya udara.

3. Simpan Dalam Wadah Kedap Udara

Selain membungkus onigiri dengan rapat, simpan onigiri dalam wadah yang kedap udara. Anda dapat menggunakan kotak bekal atau wadah khusus untuk makanan yang dirancang untuk menjaga makanan tetap segar. Pastikan wadah tersebut memiliki penutup yang rapat dan bisa mencegah masuknya udara.

4. Hindari Membiarkan Onigiri Terlalu Lama

Onigiri sebaiknya dikonsumsi dalam waktu yang relatif singkat setelah dibuat, terutama jika menggunakan bahan isian yang mudah basi seperti ikan atau sayuran mentah. Hindari menyimpan onigiri terlalu lama, terutama jika tidak ada penjagaan suhu yang memadai. Lebih baik membuat onigiri sesuai kebutuhan dan menikmatinya dalam waktu maksimal 12 jam.

Baca Juga : Tutorial Buka Bungkus Onigiri Anti Gagal!

5. Simpan di Kulkas

Jika ingin menyimpan onigiri lebih lama, tempatkan onigiri dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas. Pastikan untuk membungkus onigiri dengan rapat sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Onigiri yang disimpan di dalam kulkas dapat bertahan segar selama 1-2 hari.

Itu dia beberapa cara yang dapat dicoba untuk menyimpan onigiri dengan baik dan mencegahnya supaya tidak cepat basi. Pastikan untuk menjaga kebersihan saat membuat dan menyimpan onigiri.

Namun, perlu diingat juga bahwa onigiri bukanlah makanan yang dapat bertahan lama. Maka sebaiknya segera nikmati onigiri setelah dibuat atau maksimal 12 jam. Tetapi akan berbeda untuk setiap onigirinya tergantung dari isian onigiri dan cara penyimpanannya.

Nikmati onigiri tanpa harus repot dengan Klik Indomaret aja. Variannya banyak dan tentunya gratis ongkir, serta banyak promonya.

cara menyimpan onigiri
Periode promo hingga 31 Juli 2023

Beli Berbagai Varian Onigiri di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here