Sumber gambar : freepik

Salah satu rahasia kelezatan masakan Indonesia yaitu dari bumbu yang digunakan. Masakan Indonesia selalu kaya akan rempah-rempah yang digunakan mulai dari kunyit, kayu manis, pala, dan sebagainya.

Namun, bumbu dapur ini perlu diperhatikan cara menyimpannya karena jika salah disimpan maka akan mudah rusak dan tidak bisa diolah. Nah lantas bagaimana cara menyimpan bumbu dapur supaya lebih awet, baca informasi selengkapnya.

Simpan Di Tempat Tertutup dan Kering

Sumber gambar : freepik/lucigerma

Dapur biasanya didesain memiliki jendela dan ventilasi udara yang cukup supaya sirkulasi udara lebih lancar dan tidak lembab. Namun, pastikan untuk bumbu dapur tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Sinar matahari bisa membuat bumbu dapur cepat rusak, berair, bahkan berjamur.

Nah, tetapi juga jangan simpan bumbu dapur ditempat yang lembab. Tempat lembab juga dapat membuat bumbu dapur lebih mudah berjamur dan berair. Jadi usahakan simpan bumbu dapur di tempat kering dan jauh dari sinar matahari langsung.

Simpan Pada Wadah Dengan Penutup

Jangan simpan bumbu dapur pada wadah terbuka karena dapat merusak tekstur bumbu karena bakteri dan udara yang lembab. Sobat bisa pindahkan bumbu dapur ke dalam stoples tertutup. Selanjutnya tata stoples tersebut di atas rak khusus sehingga tetap bersih dan lebih mudah dicari.

Sesuaikan Wadah dengan Jenis Bumbu

Sumber gambar : freepik/lucigerma

Sesuaikan tempat menyimpan bumbu dengan jenisnya, contohnya gunakan wadah tertutup rapat untuk gula supaya tidak dikerubungi semut. Sedangkan pilih wadah berbentuk botol untuk menyimpan bumbu cair seperti kecap, saos, dan lainnya. Dan untuk menyimpan bumbu dapur bubuk bisa pilih wadah yang dilengkapi sendok kecil.

Simpan Pada Rak Khusus

Sumber gambar : freepik/Bogac Dalkiran

Selain memilih wadah yang tepat dan tertutup, simpan bumbu dapur pada rak khusus bumbu dapur. Tempatkan pada lemari dengan sekat khusus untuk memisahkan dengan barang lainnya. Atau bisa juga tempatkan rak pada dinding dapur supaya tidak mudah terkontaminasi dengan kotoran di meja dan barang lainnya.

Nah itu tadi empat tips menyimpan bumbu dapur supaya lebih awet yang bisa Sobat coba di rumah. Bumbu dapur ini merupakan item penting untuk memasak yang wajib stok di rumah. Kehabisan stok bumbu dapur di rumah? Jangan khawatir belanja aja di Klik Indomaret, banyak promonya, gratis ongkir, dan satu jam sudah sampai.

Belanja Bumbu Dapur di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here