Tradisi orang Indonesia memang dikenal dengan berbagai macam acara yang sering diselenggarakan. Mulai dari pernikahan, sunatan, arisan, dan masih banyak lainnya. Hal itu tentu tidak terlepas dari yang namanya makanan untuk menyambut para tamu dan sanak saudara yang hadir. Nah salah satunya adalah jajanan ringan yang satu ini. 

Risol mayo selalu jadi andalan snack di berbagai acara. Semua orang pasti penasaran dan ingin membuatnya di rumah. Resep berikut sangat mudah dibuat dan hanya menggunakan bahan-bahan yang sangat simpel.

Risol mayo ini cocok sekali untuk dimakan bersama es teh manis di siang yang terik! Yuk ikuti resep dibawah ini ya sobat.

Bahan:

– Kulit Risol

600 ml air
350 gr terigu
2 telur
2 sdt garam
1 sdt lada putih
1 sdm chicken powder

Untuk sobat yang tidak ingin membuat kulit risol sendiri, sobat bisa menggunakan kulit risol siap pakai ya!

– Isi Risol

4 lembar daun seledri, iris kecil
5 sdm mayo
1 ¾ sdt garam
8 telur direbus selama 7 menit sejak air mendidih
5 lembar smoked beef (dibagi menjadi 4 bagian)
Mozzarella (potong dadu kecil dan tipis)
Tepung panir halus secukupnya
2 telur
Minyak goreng

Cara Membuat:

  • Siapkan semua bahan untuk membuat kulit risol terlebih dahulu. Campurkan terigu dan telur, kemudian aduk hingga rata. Masukkan air perlahan-lahan dan pastikan tidak terbentuk gumpalan dalam adonan.  Masukkan garam, lada putih, dan chicken powder. Lalu, aduk hingga merata. Siapkan wajan dan nyalakan api dengan panas yang sangat kecil. Olesi wajan dengan minyak, lalu tuang adonan kulit risol dan ratakan ke seluruh bagian wajan.

Sumber foto: Freepik/Nuclear_lily

  • Setelah matang rata, pindahkan kulit risol ke piring. Ulangi semua tahap sampai semua adonan kulit risol habis. Untuk membuat isi risol, reubus 8 butir telur dan biarkan selama ± 8 menit. Setelah itu, kupas kulit telur dan simpan di dalam mangkok. Iris kecil daun seledri sesuai selera. Masukkan 5 sdm mayo, 1 ¾ sdt garam, dan potongan daun seledri ke dalam mangkuk yang berisi telur yang sudah dikupas. 
\

Sumber foto: Freepik

  • Setelah itu, aduk dan hancurkan telur sampai tercampur rata dan telurnya menjadi potongan-potongan kecil. Potong smoked beef menjadi 4 bagian dan mozarella menjadi potongan dadu kecil dan tipis. Siapkan dua telur yang dikocok lepas untuk merekatkan kulit risol dengan tepung panir. Siapkan piring dan kulit risol diatasnya. Letakkan ¼ bagian smoked beef, 1 sdm campuran mayo dan telur, serta potongan mozarella di atas kulit risol. 

Sumber foto: Freepik

  • Bungkus kulit risol sesuai bentuk yang sobat inginkan. Masukkan risol ke dalam telur yang sudah dikocok lepas dan taburi dengan tepung panir. Siapkan minyak goreng dan atur api dengan panas sedang. Setelah panas minyaknya cukup, masukkan risol mayo ke dalam minyak dan tunggu sampai berubah warna menjadi coklat keemasan.

Sumber foto: nutthynovianti


Voila! Risol mayo siap untuk disajikan. Selamat menikmati sobat


Tulisan ini dikirim oleh: Nadya Rizki Syafira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here