Buat sobat yang mau duel dengan pokeman card ada baiknya sobat mengerti dulu jenis jenis kartu yang ada. Ada 3 jenis kartu pada permainan. Yaitu kartu Pokemon, Energi dan Trainer.

1. Kartu Pokemon

Yang pertama terdapat kartu pokemon. Kartu dasar yang berguna untuk melakukan serangan terhadap lawan, dalam kartu pokemon kita dapat melakukan evolusi terhadap kartu yang kita miliki. Sebagai contoh jika sobat ingin untuk memainkan kartu dengan jenis pokemon Unfezant tentu harus memainkan Pidove dahulu bentuk pertamanya lalu mengevolusikannya ke Tranquill bentuk keduanya dan setelah itu bisa kita evolusikan ke Unfezant.

Minimal giliran yang dibutuhkan untuk sampai ke Stage 2 (evolusi akhir) adalah 3 giliran, tentu saja kartu-kartu yang kita butuhkan tersebut harus tersedia di tangan kita, baru sobat dapat melakukan evolusi.

Picture

Sumber: cardfight/pokemontcg

Jangan lupa juga untuk mengecek informasi pada kartu pokemon ya sobat. Karena dalam kartu Pokemon terdapat informasi mengenai jumlah kartu energi yang dibutuhkan untuk menyerang, efek serangan, kelemahan Pokemon dan jumlah kartu energi yang dikorbankan untuk mundur, lalu bertukar tempat oleh Pokemon cadangan.

2. Kartu Energi

Kegunaan kartu energi agar pokemon pilihan kita mampu melakukan serangan, karna pokemon tidak dapat menyerang tanpa cukup energi. Sesuaikan jumlah kartu energi untuk bisa melakukan serangan. Dalam satu giliran hanya bisa meletakkan satu energi pada Pokemon. Namun kita bisa meletakkan lebih dari satu jika terdapat efek kartu yang mampu menambah energi.

Picture

Sumber: cardfight/pokemontcg

Sebagai contoh sobat lihat kartu Archeops, kartu ini membutuhkan 3 energi, 2 Fighting dan 1 Colorless. Nah Jika dalam kartu Pokemon terdapat tanda bintang/Colorless, ini berarti sobat bisa menggunakan kartu energi apapun untuk melengkapi kebutuhan kartu tersebut. Misalnya setelah kita meletakkan 2 kartu Fighting pada Archeops, kita bisa menggunakan kartu energi bertipe Grass untuk melengkapi energi serangan, tidak harus kartu Colorless atau kartu Fighting.

3. Kartu Trainer

Sumber: cardfight/pokemontcg

Kartu Trainer ini nanti berperan sebagai kartu pendukung, yang terdiri atas tiga jenis yaitu kartu Item, kartu Supporter lalu kartu Stadium. Dalam satu giliran, kartu Item tidak memiliki batasan dalam penggunaan dengan kata lain saat sobat bermain dan memiliki 3 kartu Item, kartu tersebut bisa digunakan semua dalam 1 giliran. Namun tidak dengan kartu Supporter dan Stadium, yang mana dalam satu giliran hanya boleh menggunakan kartu jenis ini satu kali saja.

Nah itu tadi jenis jenis kartu yang tersedia dalam kartu pokemon sobat, tunggu apa lagi segera beli kartu pokemon sobat di klik indomaret dan ingat ya practices makes perfect so latihan terus dan lengkapin kartu sobat.

sumber: Bulbapedia dan Pokemonweebly