28 Oktober 1928 merupakan hari bangkitnya semangat juang dan pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Ikrar sakral yang satu ini dianggap sebagai salah satu momentum dalam menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia. Sumpah Pemuda disebut juga sebagai gerakan yang dipelopori oleh pemuda pemudi Indonesia untuk kebebasan dari penjajah. 

Memperingati hari Sumpah Pemuda tanpa tahu fakta maupun kisah dibaliknya akan terasa kurang pas Sobat. Itu sebabnya Klik-min sajikan beberapa fakta unik seputar peringatan hari Sumpah Pemuda.

1. Kata Merdeka

Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sumpah Pemuda muncul sejak Kongres Pemuda II yang berlangsung pada 27 hingga 28 Oktober 1928. Sejak hari pertama kongres kata Merdeka sendiri sudah menjadi yel-yel yang sering disuarakan. Sampai para Polisi Belanda yang menjaga kongres kala itu mengeluarkan larangan kata “Merdeka” saat kongres berlangsung.

2. Lagu Indonesia Raya

Sumber: selensergen//istockphoto

Kemunculan perdana lagu kebangsaan Indonesia Raya saat Kongres Pemuda II di Batavia terdapat momen menarik lo Sobat. Saat lagu Indonesia Raya diperdengarkan langsung oleh penciptanya Wage Rudolf Soepratman, lagu Indonesia Raya dikumandangkan hanya melalui gesekan biola tanpa syair lagu.

3. Lokasi Pembacaan Sumpah Pemuda

Sumber: pecintawisata.files.com

Ada tiga tempat yang menjadi cikal bakal lahirnya sumpah pemuda, dimulai dari Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Gedung Oost Java Bioscop dan yang terakhir adalah Gedung Indonesisch Huis Kramat yang kini telah menjadi museum Sumpah Pemuda.

Kemerdekaan yang kita dapatkan tidak terlepas dari perjuangan berbagai elemen masyarakat, tidak terkecuali para pemuda. Momen peringatan Sumpah Pemuda ini harus kita jadikan ajang untuk mengenang jasa para pahlawan serta menjaga kerukunan satu dengan lainnya.

Ayo Belanja Berbagai Kebutuhan di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here