Polusi yang semakin memprihatinkan dari waktu ke waktu menjadi salah satu concern utama dalam masyarakat kini. Terlebih lagi setelah Jakarta menjadi kota dengan peringkat pertama dengan kualitas udara terburuk di dunia berdasarkan Air Quality Index (AQI).

Masalah polusi ini lambat laun akan mempengaruhi kesehatan kita sobat. Pengaruh dan resikonya pun akan memberikan dampak yang lebih buruk terhadap ibu hamil. Kesehatan ibu hamil umumnya akan menjadi lebih rentan karena disaat yang bersamaan harus menjaga kesehatan janinnya

Berikut resiko polusi bagi kesehatan ibu hamil.

1. Bayi beresiko lahir prematur

Sumber: freepik

Bayi prematur pada umumnya adalah bayi yang mengalami gejala medis tertentu sehingga menyebabkan lahir bukan pada tanggal kelahiran yang sebenarnya. Kelahiran prematur dapat disebabkan oleh banyak hal namun polusi dan kualitas udara yang buruk bisa menjadi salah satu penyebabnya

Menurut organisasi kesehatan WHO polusi udara menyebabkan kenaikan kelahiran prematur pada ibu hamil dengan perbandingan 1 tiap 10 kelahiran.

2. Resiko autisme pada bayi

Sumber: freepik/Proostoleh

Penelitian yang dilakukan oleh universitas Harvard menemukan bahwa ibu hamil yang terpapar oleh polusi memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan autisme lo sobat.

Penelitian ini menemukan bahwa semakin awal usia kehamilan saat terpapar polusi maka resiko bayi lahir dengan autisme akan semakin membesar pula.

3. Resiko cacat jantung bawaan

Sumber: freepik

Ibu hamil yang terpapar polusi berat pada usia kandungan awal antara satu hingga dua bulan, terdapat peningkatan resiko bayi lahir dengan kondisi memiliki kondisi fisik cacat. Ini disebabkan karena pada usia tersebut adalah waktu terpenting pembentukan organ dalam bayi.

Untuk para ibu hamil disarankan untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar ruangan dan juga mengurangi intensitas kegiatan di luar ruangan, terutama jika sobat tinggal di area dengan tingkat polusi dan kualitas udara yang buruk.

Selain hal-hal di atas untuk menjaga kesehatan ibu hamil, sobat juga perlu menjaga gizi yang masuk salah satu caranya dengan minum susu khusus ibu hamil.

Belanja susu untuk ibu hamil kini tak perlu repot cukup di Klik Indomaret

Yik Belanja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here