Konsumsi ASI atau air susu ibu merupakan salah satu komponen paling penting dalam tumbuh kembang si kecil. Tentunya cara paling baik untuk memberikan ASI kepada si kecil yaitu langsung dari tubuh ibu. Namun terkadang ada situasi membuat si ibu harus menyimpan ASI nya terlebih dahulu. 

Karena itu sang ibu perlu mengetahui cara menyimpan air susu ibu dengan cara yang tepat sehingga tidak merusak kandungan gizi ASI yang telah disimpan. Karena ASI yang tidak disimpan secara tepat justru akan berbahaya jika dikonsumsi si kecil.

Sebelum menyimpan ASI perlu disiapkan tempat khusus, jangan sekali-kali mencampur ASI di tempat untuk mencampur minuman atau cairan lainnya. Selain itu perlu diingat dalam membersihkan tempat ASI harus menggunakan air hangat atau alat sterilisasi sehingga kandungan ASI tidak tercemar bakteri. Berikut cara tepat ibu menyimpan ASI.

Cara Tepat Menyimpan ASI:

Sumber: Hellosehat

  1. Simpanlah asi pada pendingin kurang dari satu jam setelah di pompa.
  2. Kemudian berikan label yang berisikan informasi tanggal dan jam penyimpanan. Ini berguna agar si ibu dapat mengecek batas waktu konsumsi ASI untuk si kecil.
  3. Berikan ASI dalam porsi yang kecil, ini menjaga agar ASI tidak terbuang percuma karena ASI yang tersisa tidak dapat dikonsumsi kembali.
  4. Jangan mencampurkan ASI baru dengan ASI yang telah didinginkan sebelumnya.

Berhati-hatilah dalam menyimpan ASI, karena jika ASI terkontaminasi dengan kandungan lainnya justru dapat berbahaya untuk si kecil. Jangan lupa juga untuk perhatikan kualitas botol penyimpanan yang IBU pilih ya! Untuk ibu yang sudah melewati masa menyusui dan mulai memberikan susu formula kepada si kecil dapat membelinya di Klik Indomaret. Dapatkan promo terbaik susu bagi si kecil.

Yuk belanja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here