Generasi 90an pasti udah gak asing lagi dong sama kartun Pokemon yang selalu menghiasi minggu pagi kita dulu. Kartun legendaris yang sudah diadaptasi dalam berbagai reinkarnasi mulai dari game hingga film ini. Baru saja ngeluarin Pokemon Trading Card game lo sobat.

Buat yang ingin ngerasain pertarungan pokemon secara nyata kartu pokemon ini bisa jadi salah satu alternatif penyalur keinginan sobat lo. Kartu pokemon ini juga udah ngeluarin versi yang berbahasa Indonesia lo sobat, jadi makin seru deh mainnya.

Btw udah pada tahu belum sobat kalau kartu Pokemon ini udah dijual di Klikindomaret lo. Jadi semakin memudahkan sobat yang ingin koleksi koleksi ataupun ngelengkapin decknya untuk duel. Nah buat sobat yang belum paham cara mainnya tenang, Klik min bakalan ngejelasin cara mainnya secara sederhana. Berikut ini cara bermain kartu Pokemon seperti dilansir dari situs web Bulbapedia.

1.Siapkan Kartu 

Untuk memulai permainan sobat setidaknya butuh 60 kartu yang sepertiganya adalah kartu energi. Komposisi ini disarankan agar deck kartu yang sobat punya adalah well balanced deck. Komposisinya dapat seperti ini sobat

  • 20 kartu Pokemon
  • 15-20 kartu Energi
  • 20-25 kartu Trainer

Susunan 60 kartu dengan perbandingan 20:20:20 adalah jumlah yang paling seimbang. Untuk jumlah kartu Energi dan Trainer sebenarnya bisa sobat sesuaikan sendiri. Namun kebanyakan pemain TCG menyarankan penggunaan perbandingan 20:15:25 atau 20:18:22. Perbedaan tersebut didasarkan atas keberadaan jenis-jenis kartu Trainer yang kita miliki untuk mendukung deck kita.

2. Memulai permainan 

Setelah menyiapkan deck kartu kemudian sobat acak kartu dan ambil 7 kartu paling atas. Jangan lupa setelah diambil letakan kartu tersebut menghadap kebawah ya biar gak dilihat lawan. Setiap sobat mengalahkan pokemon musuh nantinya akan medapatkan kartu hadiah. 

Sobat dapat menggunakan 6 atau 3 kartu hadiah sesuai kebutuhan. Letakkan kartu ini di samping enam kartu yang telah disiapkan tadi. Kemudian letakkan sisa kartu yang dimiliki di samping dan berlawanan dengan tumpukan kartu hadiah. 

Picture

sumber: pokemonweebly

Cari Pokemon basic yang ada pada 7 kartu yang telah dipilih sebelumnya. Jika tidak memiliki pokemon basic, kembalikan kartu kartu tersebut ke dalam deck, kocok dan ambil lagi. Tiap kali mengubah kartu di tangan kita karena tidak adanya kartu basic, maka lawan berhak mengambil satu kartu pada decknya.

Picture

sumber: pokemonweebly

Langkah berikutnya adalah memilih Pokemon aktif dan pokemon cadangan, posisikan satu pokemon aktif di depan tiga hingga lima pokemon cadangan. Setelah itu lempar koin untuk menentukan siapa yang akan memulai permainan, lalu kedua pemain membuka pokemon aktif maupun pokemon cadangan saat permainan dimulai

3. Tahap – Tahap Dalam Permainan

  • Mengevolusikan Pokemon yang tersedia. 
  • Meletakkan kartu energi dari tangan pada salah satu Pokemon untuk (satu kali tiap giliran). 
  • Memainkan kartu Trainer (kartu jenis Item tanpa ada batasan, kecuali kartu Supporter dan Stadium yang hanya bisa dipakai satu kali tiap giliran).
  • Menggunakan Ability (sebanyak yang kita mau sesuai deskripsi pada kartu Pokemon). 
  • Pokemon Aktif kita mundur dengan mengorbankan energi yang dibutuhkan, bertukar tempat dengan Pokemon Cadangan (satu kali tiap giliran). Menyerang, lalu mengakhiri giliran.

4. Cara Untuk Dapat Memenangkan Permainan

Tujuan dalam sebuah permainan udah pasti nyari yang menang ataupun kalah dong, nah kalau sobat pengen menang untuk ada beberapa cara yang bisa sobat coba yaitu.

Mengambil semua kartu hadiah lawan dengan cara mengalahkan enam pokemon lawan. Kemudian bisa juga dengan cara mengalahkan semua pokemon aktif lawan sehingga lawan tidak punya pokemon cadangan lagi. Bisa juga lawan kehabisan kartu dan tidak bisa memulai serangannya. Nah itu dia cara singkat main kartu pokemon sehingga sobat gak perlu bingung lagi.

Untuk sobat yang penasaran dan ingin nyobain bisa langsung beli di klik indomaret dan jadilah trainer terkuat.

Beli Pokemon card hanya di Klik Indomaret, belanja cepat dan hemat tak perlu penat!

Sumber : Pokemon Company

sumber foto utama: wall.alphacoders