buka puasa di jalan
sumber gambar: freepik/seventyfour

Jarak kantor ke rumah yang jauh tentunya akan memakan waktu di perjalanan. Hal ini akan menyulitkan ketika mendekati waktu buka puasa. Nah simak tips buka puasa di jalan berikut ini.


Menjalankan puasa di tengah kegiatan sehari-hari pasti terasa melelahkan. Apalagi bagi kalian yang perlu menempuh perjalanan jauh dari rumah ke kantor.

Sehingga tidak jarang, saat waktunya berbuka puasa banyak orang yang justru harus membatalkan puasa di perjalanan karena terkendala jarak. 

Tentu saja agar buka puasa tetap berjalan lancar, ada beberapa tips berbuka puasa di perjalanan berikut yang bisa dicoba. Khususnya untuk kamu yang menempuh jarak jauh untuk sampai ke rumah.

1. Persiapkan Bekal Berbuka Puasa

buka puasa di jalan
sumber gambar: freepik

Tentu saja, dikarenakan jarak yang jauh kamu perlu untuk mempersiapkan bekal jikalau terpaksa harus berbuka puasa di tengah perjalanan. 

Jika tidak ingin bekal yang terlalu repot, kamu bisa membawa camilan ataupun takjil. Seperti kurma, roti, air putih dan makanan instan sejenisnya hanya untuk membatalkan puasa sebelum makan berat.

2. Memastikan Jadwal Pulang

buka puasa di jalan
sumber gambar: freepik/atlascompany

Jika ingin pulang tepat waktu sebelum waktu buka puasa, ada baiknya kamu memastikan apakah jadwal pulang memungkinkan untuk berbuka puasa di rumah. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan pulang tepat waktu. Adalah dengan mengerjakan pekerjaan tepat sebelum waktunya pulang.

Baca Juga: Waspadai 5 Ini Penyakit Saat Bulan Puasa

3. Mencari Masjid Terdekat

buka puasa di jalan
sumber gambar: freepik/Yaroslav Danylchenko

Jika tidak memungkinkan untuk berbuka puasa di rumah, di tengah perjalanan kamu bisa mencari Masjid terdekat dari lokasi mu.

Tujuannya tentu saja, untuk melaksanakan ibadah Shalat dan juga berbuka puasa. Jika beruntung umumnya di setiap masjid, diadakan buka puasa bersama dan disediakan takjil bagi jamaah yang hadir.

4. Jangan Menyetir Sambil Berbuka Puasa

buka puasa di jalan
sumber gambar: freepik/chormail

Mengutamakan keselamatan adalah hal terpenting yang mesti untuk kamu prioritaskan. Salah satunya, jangan menyetir sambil berbuka puasa di jalan karena membahayakan, lebih baik menepi sebentar untuk membatalkan puasa.

Tidak ada salahnya untuk menepi dan menikmati buka puasa sejenak, sebelum melanjutkan perjalanan nantinya.

Nah sobat, itu dia beberapa yang bisa kamu terapkan ketika harus buka puasa di jalan. Jika memang tidak memungkinkan, kamu juga bisa loh buka puasa terlebih dahulu di kantor atau tempat berkegiatan sebelum pulang ke rumah.

buka puasa di jalan
Periode promo berlangsung dari 01 – 05 April 2023

Belanja Hemat Selama Ramadan Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here