mencuci bantal
Sumber gambar : freepik/detry

Menjaga kebersihan ranjang mulai dari bantal, guling hingga sprei jadi hal penting. Namun, kapan waktu yang tepat untuk mencuci bantal dan sprei? Simak informasinya berikut ini.


Bantal dan guling sering digunakan setiap hari sebagai pelengkap saat tidur supaya lebih nyaman. Bila sering digunakan maka bantal, guling bisa menjadi sarang bakteri, debu di kasur. Hal ini tentunya dapat mengancam kesehatan.

Oleh karena itu penting untuk membersihkan debu, dan mencuci bantal, guling, sprei di kasur. Namun, selain membersihkan juga bisa menghilangkan minyak, keringat, tungau, dan kotoran lain yang menempel. Dan tahukah kamu salah satu penyebab utama jerawat dan masalah kulit yaitu bantal yang kotor loh.

Baca Juga : Tips Memilih Bantal Untuk Tidur Lebih Berkualitas

Jika bantal, guling, dan kasur bersih maka kamu juga bisa menjaga kesehatan kulit dan wajah. Tidak hanya itu kasur yang bersih juga mengurasi risiko alergi dan masalah pernapasan.

Waktu yang Tepat untuk Mencuci Bantal dan Guling

mencuci bantal
Sumber gambar : freepik

Lantas seberapa sering harus mencuci bantal, guling, dan kasur? Sebaiknya mencuci bantal 3-4 kali setahun atau setiap 6 bulan sekali. Sedangkan untuk sarung bantal, sarung guling, selimut, dan sprei cucilah minimal seminggu sekali.

Kalau tidak bisa mengingat kapan terakhir kali mencuci bantal dan lainnya maka sebaiknya buatlah jadwal rutin untuk membersihkan kasur. Tetapkan satu hari khusus untuk mencuci perlengkapan tersebut. Dengan begitu maka bantal dan kasur yang ditiduri setiap malam selalu dalam kondisi higienis.

Cara Mencuci Bantal dan Guling

mencuci bantal
Sumber gambar : freepik

Saat mencuci bantal dan guling jangan gunakan mesin cuci. Untuk beberapa jenis bantal seperti bantal bulu jika dicuci dengan mesin cuci dapat membuat isinya menempel satu sama lain karena detergen. Sedangkan untuk bantal lateks dapat berubah bentuk jika dicuci dengan mesin cuci.

Namun, jika dilakukan dengan benar bantal dan guling akan tetap dalam kondisi yang baik. Nah, berikut beberapa langkah untuk mencuci bantal dan guling yang bisa dicoba.

1.       Rendam dalam bak dengan air hangat selama beberapa menit

2.       Masukkan maksimal dua buah bantal tanpa sarung di dalam mesin cuci

3.       Tambahkan deterjen secukupnya

4.       Tuangkan air dengan suhu yang disesuaikan dengan petunjuk perawatan bantal pada label

5.       Masukkan pelembut atau pewangi

6.       Bilas dengan mode gentle cycle supaya tidak merusak bantal atau guling

7.       Jika sudah gunakan fitur pengering selama 30-60 menit

8.       Setelah itu keringkan di luar ruangan sampai bantal atau guling benar-benar kering

Nah itu dia waktu yang tepat dan cara membersihkan bantal dan guling yang bisa dicoba. Namun, setiap jenis bantal dan guling memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Jadi pastikan untuk membaca label petunjuk perawatannya ya.

mencuci bantal
Sumber gambar : freepik/vitaliyas

Jangan lupa setiap membersihkan bantal dan guling dengan menggunakan detergen dan pewangi yang berkualitas ya. Supaya kuman, bakteri, tungau, hingga bekas keringat hilang. Belanja deterjen dan pewangi berkualitas di Klik Indomaret aja. Karena pilihan nya banyak, banyak promonya, dan gratis ongkir loh.

mencuci bantal
Periode promo hingga 16 Mei 2023

Belanja Detergen dan Pewangi di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here