tips pilih ukuran baju
sumber gambar: freepik

Hampir kita semua pasti pernah mengalami kejadian yang satu ini, yaitu beli baju namun salah ukuran. Walaupun sudah terlanjur, saat itu pasti rasanya jengkel kan, karena baju yang sudah dibeli justru tidak bisa dipakai karena ukurannya yang tidak pas.

Tentu kamu tidak mau dong, salah pilih ukuran dan berakhir sia-sia karena baju baru yang dibeli tidak bisa dipakai. Untuk itu, ini dia beberapa tips pilih ukuran baju yang bisa kamu coba. Apalagi buat kamu yang suka belanja baju secara online.

Mengukur Bagian Tubuh

tips pilih ukuran baju
sumber gambar: freepik/master1305

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengukur beberapa bagian tubuhmu. Kamu bisa menggunakan metline untuk mengukur beberapa bagian tubuh. Masing-masing bagian ini diukur dengan cara seperti berikut. 

Lingkar dada diukur dengan mengelilingi bagian dada, sebelum tarik napas dalam agar dada membusung. Lingkar bahu diukur lebar bahu dan ditambahkan 1 atau 2 cm dari ukuran asli agar tidak sesak. 

Sedangkan panjang tangan bisa sobat ukur dari lengan atas hingga ke lengan bawah. Mengukur panjang tangan diperlukan kalau kamu membeli baju lengan panjang.

Cari Tahu Size Chart Brand

tips pilih ukuran baju
sumber gambar: freepik/sergunello

Seperti yang kita tahu ukuran pakaian biasanya tersedia dari ukuran xs hingga xxxl. Selain itu juga di masing-masing negara sendiri, memiliki standar ukuran masing-masing, sehingga tidak heran jika ukuran baju lokal dan internasional bisa saja berbeda.  

Itu sebabnya, memastikan ukuran baju dari masing-masing brand yang hendak dibeli kamu perlukan. Tenang saja, jika membeli online setiap brand biasanya mencantumkan size chart produk mereka. 

Baca Juga: Fashion Item yang Wajib Dimiliki Pria

Baca Ulasan yang Ada 

tips pilih ukuran baju
sumber gambar: freepik/ngad

Sudah pasti hal ini perlu kamu lakukan, apalagi ketika membeli pakaian secara online. Membaca ulasan dari pembeli yang sudah membeli produk akan membantu kamu. Dari sini, kamu bisa mengetahui apakah size chart benar-benar sesuai dengan yang ada.

Meski tiap ukuran tubuh orang berbeda-beda, tapi kamu bisa mengukur apakah kualitas bahan sesuai dengan deskripsi dan detail-detail produk lainnya. 

Coba Kembali Baju yang Dibeli

tips pilih ukuran baju
sumber gambar: freepik/mike.shots

Terakhir setelah produk sampai, kamu perlu mencoba ulang baju yang kamu beli untuk tahu apakah ukurannya terlalu kecil, terasa pas, atau justru kebesaran. Jika kamu membeli baju secara offline, manfaatkan fasilitas changing room untuk mencoba pakaian.

Tapi perlu diingat untuk mencoba baju yang benar-benar hendak kamu beli dan merasa cocok, ya sobat agar tidak berlebihan saat mencoba baju dan justru membuang-buang waktu.

Itu dia beberapa tips pilih ukuran baju yang bisa kamu terapkan. Kamu punya tips pilih ukuran baju tersendiri? Coba bagikan di kolom komentar ya sobat siapa tahu bermanfaat untuk orang lain.

Belanja Fashion Item Andalan Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here