Tips jogging yang benar
Sumber gambar : freepik/pressfoto

Jogging menjadi olahraga yang cukup popular karena mudah dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika rutin dijalani. Jogging menjadi salah satu cara terbaik untuk membentuk massa otot, membakar lemak, dan menjaga kesehatan jantung.

Meski terlihat sederhana, olahraga jogging perlu dilakukan dengan benar untuk mengurangi risiko cedera. Oleh karena itu, pahami dulu persiapan jogging yang benar sebelum melakukannya.

Pakai Sepatu yang Tepat

Tips jogging yang benar
Sumber gambar : freepik/onlyyouqj

Gunakan khusus sepatu lari dan jangan sampai tertukar dengan sepatu lainnya. Pergilah ke toko khusus olahraga kemudian tanyakan mengenai sepatu khusus lari/jogging supaya tidak salah pilih. Utamakan faktor kenyamanan, supaya tidak terjadi cedera saat jogging. Segera ganti sepatu dengan sepatu baru jika sepatu yang digunakan sudah tidak nyaman digunakan, terlalu sempit, atau koyak.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih, Berikut Jenis Sepatu Olahraga dan Fungsinya

Pakaian Olahraga yang Nyaman

Tips jogging yang benar
Sumber gambar : freepik/jcomp

Selain sepatu, pakaian juga harus senyaman mungkin. Pilih pakaian olahraga dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti spandex, katun, atau poliester. Sobat juga bisa memilih pakaian yang santai, seperti kaos, celana jogging, atau celana pendek, untuk berlari. Bagi para wanita, tersedia legging dan bra khusus olahraga yang nyaman dikenakan saat jogging.

Penuhi Asupan Energi

Tips jogging yang benar
Sumber gambar : freepik/jcomp

Sebelum jogging pastikan asupan energi dalam tubuh sudah terpenuhi. Konsumsi makanan bernutrisi yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein setidaknya 3 jam sebelum jogging. Hindari konsumsi makanan tinggi lemak dan serat sebelum jogging. Selain makan, pastikan juga minum air putih yang cukup sebelum dan selama melakukan jogging agar tidak mengalami dehidrasi.

Tetapkan Target

Menetapkan target jogging terbukti dapat memberi memberi motivasi untuk mulai berlari dan untuk terus berlatih. Mulailah dengan target yang sesuai dengan kebutuhan misalnya untuk menjadi bugar dan menurunkan berat badan, atau target jogging sejauh 5 kilometer (km), 10km, setengah maraton atau maraton. Selain menetapkan target saat jogging, sobat juga perlu berkomitmen dengan target yang sudah dibuat.

Gunakan Gawai Pintar

Tips jogging yang benar
Sumber gambar : freepik/jcomp

Jogging di era baru seperti sekarang sudah semakin menyenangkan dengan adanya teknologi. Sudah ada banyak aplikasi dan pelacak telepon pintar yang akan memantau dan memotivasi saat jogging. Aplikasi ini akan mengukur rute lari dan menunjukkan perkembangannya. Selain itu sobat juga bisa melakukan jogging virtual dengan teman-teman, mengikuti kompetisi mini, dan bahkan mendapatkan dukungan pelatihan online dari para profesional secara langsung. Bahkan ada aplikasi yang akan membuat daftar lagu yang mencocokkan langkah per menit.

Bagaimana semakin tertarik untuk memulai jogging rutin setiap hari? Ayo bagikan informasi ini ke teman dan kerabat sobat, ajak mereka untuk terus menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga. Selain berolahraga sobat juga perlu memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi sehat sebelum jogging. Penuhi asupan nutrisi dengan vitamin dan suplemen sehat.

Tips jogging yang benar
Priode promo hingga 30 Okt 2022

Belanja Vitamin dan Suplemen Kesehatan di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here