kulit belang
sumber gambar: freepik

Siapa yang setiap selesai liburan kulitnya belang? Nah ini dia tips cegah kulit belang yang bisa kamu coba. Warna kulit tidak merata atau kulit belang sering jadi masalah yang mengganggu penampilan.


Penyebabnya pun berbagai macam mulai dari perawatan wajah yang kurang maksimal, sengatan cahaya matahari, sampai faktor kelainan maupun perubahan hormon.

Namun, lain ceritanya apabila perbedaan warna kulit yang kamu alami mungkin berupa gradasi kecokelatan atau bintik-bintik berwarna kebiruan atau abu-abu di wajah. Kondisi ini boleh jadi merupakan melasma yang dipercaya memiliki hubungan kuat dengan berubahnya hormon di dalam tubuh wanita. 

Merasa memiliki melasma? Tenang saja, kamu tidak sendiri. Problem kulit seperti ini biasanya muncul pada wanita berumur 20 tahun hingga paruh baya. Selain itu, tak jarang pula perempuan yang tengah hamil pun mendapati kulitnya tampak belang akibat melasma ini.

Lebih jauh lagi, ada pula kondisi hiperpigmentasi ataupun hipopigmentasi seperti vitiligo dan juga infeksi jamur seperti panu yang menyebabkan kulit terlihat memiliki bercak-bercak. 

Selain itu, rona kulit yang tampak kurang rata juga mungkin saja dipicu oleh cedera seperti lecet maupun luka bakar atau bahkan karena tubuhmu kelebihan zat besi. 

Nah jika kulit wajahmu terlihat belang tapi bukan disebabkan karena penyakit atau kelainan tertentu. Kamu tak perlu khawatir. Karena masih bisa ditangani sendiri di rumah. Salah satunya dengan beberapa tips yang paling simpel diantaranya:

1. Eksfoliasi

kulit belang
sumber gambar: freepik/wayhomestudio

Mau sel-sel kulit hempas dari kulitmu? Exfoliasi bisa jadi jalan keluarnya, tidak hanya menjadikan kulit jadi lebih halus dan bercahaya. Exfoliator juga mampu mempercepat peluruhan sel-sel kulit mati.

Tidak hanya itu, memakai produk eksfoliasi dua kali dalam seminggu merupakan salah kunci utama untuk mendapatkan warna kulit yang lebih merata. 

Dengan meluruhnya sel-sel kulit mati, perawatan kulitmu di tahap berikutnya seperti serum atau moisturizer pun mampu bekerja secara lebih efektif lagi.

2. Aplikasi 

kulit belang
sumber gambar: freepik/Lifestylememory

Jika kulitmu tidak tergolong ke dalam tipe sensitif, kamu bisa mencoba perawatan kulit dengan kandungan vitamin C yang terkenal mujarab untuk mencerahkan rona kulit. 

Vitamin satu ini juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan wajah yang tampak kusam dan belang, maupun bekas luka.

Tapi kalau kamu tertarik untuk menggunakan injeksi atau infus vitamin C. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit masing-masing.

Baca Juga: Brightening Serum Untuk Dapatkan Kulit Cerah

3. Rajin Menggunakan Tabir Surya

kulit belang
sumber gambar: freepik/lookstudio

Pemakaian sunblock yang tepat adalah salah satu cara paling mudah agar kulit belang tidak bertambah parah. Lalu, seperti apa sih ciri-ciri tabir surya yang baik? Pertama-tama sunscreen berlabel broad spectrum.

Yakni berarti memberikan proteksi maksimal dari sinar UVA atau UVB. Lihat baik-baik tulisan yang tertera pada kemasan. Biasanya, istilah PA yang diikuti dengan tanda tambah (+) adalah kemampuan produk untuk melindungi wajah dari sinar ultraviolet A. 

Selanjutnya, jangan lupa perhatikan pula Sun Protection Factor alias SPF-nya. Pilihlah yang mengandung SPF minimal 30. Terakhir, aplikasi sekali saat pagi hari saja belum tentu cukup. Sunblock kamu juga harus digunakan ulang kurang lebihnya setiap dua jam sekali ya

4. Memakai Lotion atau Krim Pencerah Secara Rutin

kulit belang
sumber gambar: freepik/jcomp

Komposisi krim atau lotion memang telah banyak yang diformulasikan secara khusus untuk membuat rona kulit berangsur cerah, sekaligus lebih merata. 

Tapi kamu tetap harus berhati-hati, jangan sembarangan memilih skincare yang digadang-gadang bisa membuat kulit lebih putih dalam jangka waktu cepat ya. 

Karena, sekarang ini juga sudah banyak beredar skincare yang dicampur merkuri dengan kadar yang dikhawatirkan malah merusak dan bukannya memperbaiki wajah.

Nah, sebagai alternatif, kamu bisa mencoba Olay White Radiance Light Perfecting Essence yang telah terbukti aman untuk kesehatan kulit. Essence ini mengandung vitamin B3 yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. 

Tidak hanya itu, essence ini juga berfungsi juga untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi, warna kulit yang tidak merata sekaligus kering. Serum ini tidak menggunakan bahan yang berbahaya untuk kulit wajah kamu. 

Cara mengaplikasikan Olay White Radiance Light Perfecting Essence ini ialah secara rutin setiap harinya. Untuk memudarkan bintik hitam di wajah pun perlahan akan memudar dan warna kulit wajah jadi lebih merata. Gunakan essence ini dua kali dalam sehari sebelum menggunakan pelembab atau sunscreen.

Pancarkan Kulit Cantikmu Bersama Olay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here