Sumber gambar : freepik/victoriafly

Merawat kucing kesayangan supaya tetap bersih dan terhindar dari penyakit memang susah-susah gampang. Terlebih lagi kebanyakan kucing tidak suka dimandikan. Padahal setidaknya memandikan kucing 4-6 minggu sekali.

Namun, bisa disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggalnya. Jika kucing lebih sering berada di luar ruangan maka perlu memandikannya lebih sering. Terlebih kucing memiliki bulu yang cukup panjang sehingga perlu perhatian khusus.

Nah, berikut tips memandikan kucing dengan lancar dan aman tanpa terluka yang bisa Sobat terapkan.

Pilih Waktu Yang Tepat

Sumber gambar : freepik/vershinin89

Sebelum memandikan pastikan kucing dalam kondisi sehat dan mood yang baik. Supaya kucing tidak memberontak dan mencakar saat dimandikan bisa ajak bermain dan berikan makanan ringan supaya lebih rileks.

Potong Kuku Sebelum Mandi

Sumber gambar : freepik/PoppyPix

Supaya terhindar dari cakaran kucing saat dimandikan bisa potong kukunya terlebih dahulu. Usahakan potong secara perlahan dan jangan terlalu pendek karena dapat menyebabkan pendarahan dan rasa sakit.

Siapkan Peralatan Mandi

Sumber gambar : freepik/Lidia.Efimova

Sebelum mulai memandikan kucing siapkan dahulu semua perlengkapan mulai dari handuk, sampo, bak mandi, sikat, dan lainnya. Hal ini akan memudahkan saat memandikan kucing dan lebih cepat sehingga tidak kedinginan.

Gunakan Air Hangat

Sumber gambar : freepik/user23674593

Supaya kucing tidak kedinginan dan kaget saat terkena air bisa gunakan air hangat terlebih dahulu. Jika kucing sudah tenang dan terbiasa diteruskan dengan air yang lebih dingin. Hindari arahkan langsung ke bagian mata, telinga, dan hidung kucing ya.

Gunakan Sampo Khusus Kucing

Sumber gambar : freepik/vershinin89

Jangan hanya dengan air, tetapi penting untuk gunakan sampo khusus kucing supaya bulunya tetap sehat dan terawatt. Cukup usap perlahan ke seluruh bagian tubuh tapi pastikan tidak mengenai matanya. Pastikan tidak memilih sampo sembarangan, pastikan sampo tersebut memang khusus untuk kucing.

Keringkan Tubuh Kucing

Sumber gambar : freepik/alektas

Pastikan tubuh kucing benar-benar kering setelah dimandikan. Gunakan handuk lembut terlebih dahulu, kemudian lanjutkan menggunakan pengering rambut. Setelah dikeringkan jangan lupa untuk menyisir bulunya supaya lebih rapi dan cantik.

Itu tadi beberapa tips untuk memandikan kucing supaya lebih lancar dan aman tanpa luka. Jangan lupa untuk selalu jaga mood kucing supaya tidak memberontak saat dimandikan. Salah satu cara untuk menjaga mood kucing yaitu dengan memberikan snack kesukaannya.

Periode promo hingga 31 Januari 2023

Belanja Snack & Makanan Kucing di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here