makanan sisa
sumber gambar: freepik

Sobat tim masak sendiri atau selalu beli makanan? Buat sobat yang masih beli makanan coba dipertimbangkan kembali untuk memasak makanan. Selain hemat, memasak makanan sendiri juga sehat karena bahan yang digunakan dapat sobat sesuaikan.

Nah tapi pasti ada kalanya sobat bosan dan ingin jajan makanan. Tetapi sobat perlu ingat juga mengenai stok bahan makanan yang tersimpan.  Sobat juga perlu memeperhitungkan supaya tidak ada bahan makanan yang terbuang.

Mengatur Daftar Belanja

belanja di supermarket
sumber gambar: freepik/aleksandarlittlewolf

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengatur daftar belanjaan. Misalnya dalam seminggu, kira-kira bahan makanan apa yang diperlukan untuk memasak hidangan yang kamu ingin masak.

Setelah mengatur daftar belanjanya, ketika membeli bahan makanan kamu juga perlu membeli secukupnya saja kira-kira sesuai untuk semua anggota keluarga.

Tanyakan Anggota Keluarga

makan bersama
sumber gambar: freepik

Ini dia yang perlu sobat lakukan agar makanan tidak membuang makanan, yakni menanyakan hidangan yang ingin dimakan oleh anggota keluarga lainnya.

Hal ini agar makanan bisa habis setiap harinya, sehingga mengurangi membuang-buang makanan. 

Pastikan Kulkas Berfungsi

makanan di kulkas
sumber gambar: freepik

Kalau ada makanan yang tidak habis? Tenang, kamu bisa simpan di wadah tertutup kemudian simpan di kulkas sehingga masih bisa dipanaskan keesokan harinya atau hari berikutnya.

Tips agar tidak lupa adalah memberikan label atau tulisan tanggal berapa dan kapan kamu menyimpan makanan tersebut.

Mengolah Kembali Makanan

memasak di dapur
sumber gambar: freepik/senivpetro

Seperti tips sebelumnya mengolah kembali makanan, bisa jadi jurus jitu agar kamu tidak membuang-buang makanan. Kamu bisa mengolah kembali makanan dengan cara memanaskan atau dimasak kembali dengan menambah bumbu agar lebih nikmat.

Nah sobat itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak membuang-buang makanan. Menghemat pengeluaran bisa kamu wujudkan dengan tidak membuang makanan dan mampu mengurangi sampah juga.

promo klik fresh
periode promosi berlangsung 01 Juni 2022 – 30 Juni 2022

Belanja Produk Segar Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here