Tips Ajarkan Anak Berpuasa Sedari Dini
Sumber gambar : freepik/odua

Bulan suci Ramadhan baru terlewati beberapa hari, tentunya menjalankan Ibadah puasa bagi umat Muslim adalah kewajiban yang perlu dijalankan dengan khusyuk untuk sebulan kedepan. 

Berpuasa di bulan suci tidak hanya mengajarkan untuk menahan lapar maupun nafsu, melainkan kebaikan lainnya yang dapat menjadi berkah ke depannya.

Karena begitu banyak manfaat dan kebaikan yang didapat dari berpuasa, baiknya mengajarkan anak untuk menunaikan ibadah puasa sedari dini adalah kewajiban orang tua dalam mendidik mereka. 

Tidak seperti orang dewasa yang dengan mudah paham mengenai kewajiban yang harus dijalankan. Anak perlu diberi pengertian agar mampu menjalankan Ibadah Puasa dengan taat, nah berikut beberapa tips yang bisa Ayah Bunda coba.

Contoh yang Baik adalah Kunci

Memberikan contoh yang baik pada anak adalah kunci dari menerapkan kebiasaan berpuasa sedari dini. Ketika Si Kecil melihat kedua orang tuanya berpuasa, maka ia akan mengikuti contoh baik dari kedua orang tuanya. 

Tidak hanya berlaku untuk puasa saja, menanamkan nilai-nilai kebaikan pada anak dengan tutur kata yang baik, sikap yang sopan dan kebaikan-kebaikan lainnya.

Beri Pengertian dan Makna Berpuasa

Hal ini mungkin saja akan terjadi, ketika anak menanyakan makna dari berpuasa kepada kedua orang tuanya. Meskipun sudah mendapatkan pendidikan agama di sekolah maupun tempat ibadah, peran orang tua dalam memberikan pengertian tentang kewajiban berpuasa juga diperlukan tentunya berdasarkan sumber yang benar.

Ajarkan Bertahap dan Perlahan

Sama seperti tahap belajar pada umumnya, ajakan dan biasakan anak untuk berpuasa secara bertahap dan perlahan jangan dipaksakan. Karena bisa jadi berakibat anak yang merasa dipaksa dan tidak secara tulus melakukannya.

Mulai dari puasa setengah hari jika anak memang tidak sanggup, namun jika bisa dan umur anak sudah cukup dewasa baru mulai ajakan untuk puasa secara full seharian.

Memberikan Apresiasi

Jika anak melakukan hal-hal baik tentu sebagai orang tua kita merasa bangga dan seringkali mengapresiasi hasil kerja mereka. Begitu pula, jika di awal-awal anak mulai bisa menahan diri saat berpuasa baik setengah hari maupun seharian.

Apresiasi yang bisa dilakukan dapat berupa pujian atau memasakan mereka makanan kesukaan saat berbuka puasa atau untuk menu sahur. Tapi, orang tua tetap perlu menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam berpuasa agar anak tetap ingat pada kewajiban berpuasanya.

Nah sobat intinya mengajarkan anak berpuasa sedari dini adalah kewajiban kita sebagai orang tua yang merawat dan membesarkan mereka. Jangan lupa, tanamkan nilai kebaikan pada anak selama bulan puasa atau hari-hari biasa ya sobat. Meskipun puasa kebutuhan nutrisi anak tetap harus terpenuhi dengan konsumsi susu setiap hari. Ayo belanja susu si kecil di Klik Indomaret dan dapatkan penawaran menarik.

Tips Ajarkan Anak Berpuasa Sedari Dini
Periode promo hingga 19 April 2022

Ayo belanja susu di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here