Rumah Tetap Dingin Tanpa AC
Sumber gambar : freepik/our-team

Musim hujan sudah mulai datang, tetapi tidak berarti hawa panas di rumah akan hilang dengan sendirinya. Hal ini tidak heran jika sebagian besar rumah di dunia memiliki pendingin ruangan. Namun tahukah sobat, semakin banyak penggunaan pendingin ruangan ini menyumbang emisi gas rumah kaca dan berkontribusi pada pemanasan global loh.

Nah, berikut tips untuk membuat rumah tetap dingin tanpa AC yang bisa sobat terapkan di rumah.

Jendela

Rumah Tetap Dingin Tanpa AC
Sumber gambar : freepik/topntp26

Jendela selain berguna untuk estetika rumah juga berguna untuk mendinginkan ruangan. Membuka jendela menjadi cara paling umum untuk mendinginkan ruangan. Tetapi ini juga dapat membuat udara panas dari luar masuk ke dalam rumah juga.

Oleh karena itu penempatan jendela berpengaruh untuk mendinginkan ruangan di rumah. Usahakan pasang jendela menghadap utara/selatan supaya berlawanan dengan datangnya sinar matahari. Selain itu juga usahakan jendela menghadap dengan lingkungan yang rindang dan sejuk seperti pohon atau tanaman di luar.

Gunakan Gorden

Rumah Tetap Dingin Tanpa AC
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Gunakan gorden untuk menutup jendela, khususnya diwaktu terik seperti siang hari. Selain berfungsi untuk menghalangi sinar matahari, gorden juga berungsi untuk menyaring debu-debu yang masuk ke rumah.

Exhaust Fan

Rumah Tetap Dingin Tanpa AC
Sumber gambar : freepik/retouchman2516

Rumah terasa panas dapat juga disebabkan udara panas yang terjebak di dalam rumah. Oleh karena itu udara panas dalam ruangan perlu dikeluarkan. Untuk mengeluarkan udara panas dalam ruangan sobat dapat menggunakan Exhaust Fan. Benda yang mirip dengan kipas angin ini berfungsi untuk pengeluarkan udara dalam ruangan sehingga udara panas bahkan bau bisa terbuang keluar.

Menanam Pohon di Area Luar Rumah

Rumah Tetap Dingin Tanpa AC
Sumber gambar : freepik/topntp26

Pohon yang ditanam di area luar rumah bisa menambah kesejukan di sekitar rumah. Satu pohon juga dipercaya dapat memblokir lebih dari 70 persen radiasi matahari yang memasuki rumah. Tetapi jika halaman rumah sobat terlalu sempit untuk ditanami pohon, sobat dapat membuat taman dengan tumbuhan yang banyak memproduksi oksigen seperti lidah mertua, krisan dan lainnya.

Gunakan Alat Elektronik Secukupnya

Rumah Tetap Dingin Tanpa AC
Sumber gambar : freepik/single_foto

Semua alat elektronik yang menggunakan listrik pastinya akan menghasilkan panas. Jadi gunakan alat elektronik seperti lampu, setrika, komputer, dan lainnya secara secukupnya serta matikan ketika sudah tidak digunakan.

Itu tadi beberapa tips yang dapat sobat coba untuk mengurangi udara panas di rumah tanpa menggunakan pendingin ruangan. Ayo bantu kurangi emisi gas rumah kaca untuk mengurangi pemanasan global. Lengkapi berbagai peralatan rumah tangga untuk menunjang kebutuhan keluarga di Klik Indomaret.

Belanja Berbagai Perlengkapan Rumah Tangga di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here