udang saus mentega
sumber gambar: freepik/topntp26

Mau menikmati kelezatan udang saus mentega ala Chinese food? Kamu bisa coba buat sendiri di rumah, pakai resep udang saus mentega ala Blue Band serbaguna berikut ini.


Bagi para penggemar seafood, udang jadi salah satu olahan seafood yang tidak ketinggalan untuk masuk ke list seafood enak yang pas untuk disantap. 

Bukan cuma enak, udang bisa diolah menjadi berbagai kuliner lezat seperti saus padang, goreng tepung, asam manis, dan tidak ketinggalan udang saus mentega. Salah satunya resep udang saus mentega yang satu ini

Bahan

Udang kupas 250 gram
Bawang bombay 1 buah iris
Bawang merah 3 siung cincang
Bawang putih 2 siung cincang
Daun bawang 1 batang iris
Jahe 3 cm di geprek
Tomat 1 buah 
Kecap manis 2 sdm
Kecap asin 1 sdm
Saus tiram 1 sdm
Saus tomat 1 sdm
Kecap inggris 2 sdt
Blue Band serbaguna 4 sdm

Cara pembuatan

  1. Pertama, cuci udang kupas hingga bersih dan buang bagian kepalanya. Setelah itu, belah bagian punggungnya dan buang kotoran di dalamnya. Taruh udang dalam wadah bersih dan sisihkan.
  2. Selanjutnya, belah tomat dan buang bijinya lalu kamu bisa memotongnya sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Bisa diiris tipis maupun dipotong kotak kecil setelah itu sisihkan.
  3. Kemudian lelehkan Blue Band serbaguna dalam wajan atau teflon, lalu goreng udang yang sudah dibersihkan hingga setengah matang atau berubah warna menjadi oranye. Angkat dan sisihkan.
  4. Gunakan Blue Band serbaguna bekas menggoreng udang untuk menumis irisan bawang bombay, daun bawang (bagian putihnya saja), bawang merah cincang, bawang putih cincang, tomat potong, dan jahe geprek. Lalu aduk hingga merata sampai layu dan wangi 
  5. Setelah itu, tambahkan kecap manis, saus tiram, saus tomat, dan kecap inggris sesuai selera. Aduk hingga merata dan jangan lupa koreksi rasa.
  6. Jika rasa sudah sesuai selera, masukkan udang dan daun bawang (bagian hijaunya). Selanjutnya aduk rata dan masak hingga bumbu meresap sempurna. Bila kamu suka pedas, maka bisa ditambahkan potongan cabai rawit merah ke dalamnya.
  7. Udang saus mentega yang gurih siap disajikan bersama nasi hangat.

Itu dia resep udang saus mentega yang gurih dan nikmat untuk berbagai acara. Mau buat resepnya sekarang? Yuk pakai Blue Band serbaguna untuk tambahan rasa yang makin spesial.

Coba Resepnya Sekarang, Belanja Bahannya Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here