resep ayam kecap praktis
sumber gambar: freepik/dashu83

Olahan berbahan dasar daging ayam memang banyak kita temukan resepnya. Karena bahan makanan ini mudah untuk dibuat dan ditemukan di pasaran. Nah salah satu resep olahan yang paling mudah untuk dibuat dan pastinya lezat adalah ayam kecap.

Mau tau resep ayam kecap yang praktis sekaligus lezat buat menu makanan? Kamu bisa coba kreasikan resep ayam kecap berikut ini sobat.

Bahan: 

  1. Daging ayam 5 Potong
  2. Bawang putih 2 siung
  3. Bawang merah 3 siung
  4. Lada bubuk 1 sdt 
  5. Jeruk nipis 1 buah
  6. Garam 1 sdt 
  7. Gula ½ sdt
  8. Kecap (sesuai selera)
  9. Cabai merah 3 buah (buang bijinya)
  10. Air 1 gelas
  11. Minyak goreng
  12. Kecap manis (sesuai selera)
  13. Kaldu jamur 1 sdt

Cara Pembuatan: 

  1. Pertama, cuci daging ayam hingga bersih kemudian sisihkan dan beri perasan jeruk nipis. Ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis dari daging ayam. Jika perlu agar lebih gurih marinasi ayam dengan lada bubuk dan garam.
  2. Selanjutnya ulek halus perbawangan, lalu tumis bawang yang sudah halus dengan sedikit minyak hingga harum. Pastikan jangan sampai gosong.
  3. Kemudian masukkan daging ayam, aduk sedikit dan tambahkan kecap manis sesuai selera, lalu aduk kembali hingga ayam dan bumbu tercampur rata.
  4. Jika sudah lumayan matang, tuangkan air secukupnya dan jika kurang hitam tambahkan kembali kecap manis pada masakan. Beri bumbu-bumbu seperti lada, gula, garam, dan kaldu jamur.
  5. Jangan lupa koreksi rasa, kemudian biarkan ayam hingga matang dan meresap. Untuk hiasan iris-iris cabai merah dan taburkan atau campurkan di dalam ayam.

Ayam kecap pun siap untuk dihidangkan jadi menu sarapan, makan siang, atau makan malam kamu. Resep ayam kecap ini praktis dan nikmat banget buat disantap, yuk coba resepnya di rumah.

resep ayam kecap praktis
sumber gambar: Klik Indomaret
Belanja Bahan Masakan Makin Mudah Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here