Tidak hanya beribadah, bulan puasa bisa kita jadikan juga sebagai kesempatan yang baik untuk kembali pada pola hidup yang sehat dan seimbang, khususnya puasa sehat bagi penyandang diabetes.


Hal ini tentunya dapat memberikan manfaat khusus untuk kesehatan kita. Apa saja yang bisa dilakukan agar pola makan bisa menjadi lebih sehat selama bulan puasa ini?

Yang pertama, pastikan untuk tidak melewatkan sahur sebagai waktu sarapan. Lengkapi menu sahur dengan makanan yang kaya nutrisi dan bisa memberikan rasa kenyang lebih lama seperti sayur dan buah, sumber karbohidrat kompleks (seperti nasi merah, oat, atau roti gandum), serta sumber protein (seperti susu, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan).

Untuk menu saat berbuka puasa, pastikan menu buka puasa mengandung nutrisi yang seimbang termasuk sumber karbohidrat (seperti nasi, kacang-kacangan, atau roti), sumber protein (seperti ikan, telur, tahu, atau tempe), serta buah dan sayur.

Pastikan juga cukup minum, namun hindari minuman manis yang tinggi gula. Usahakan untuk makan secara lebih perlahan yang penting dalam mencegah makan secara berlebihan.

puasa sehat penyandang diabetes
Temukan produk Tropicana Slim di Klik Indomaret

Bagaimana dengan penyandang diabetes? Apakah ada tips puasa sehat penyandang diabetes? Tips sehat saat berpuasa di atas sesungguhnya juga bisa diterapkan oleh diabetesi. 

Baca Juga : Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa

Namun, ada beberapa hal tambahan yang perlu diperhatikan diabetesi seperti rutin melakukan pemeriksaan kadar gula darah selama menjalankan ibadah puasa serta berkonsultasi dengan dokter yang merawat sebelum menjalankan ibadah puasa. 

Yuk susun menu sahur dan berbuka puasa yang cocok untuk diabetesi. Tropicana Slim Shirataki Noodle bisa menjadi opsi untuk menu sahur dan Tropicana Slim Shirataki Rice cocok sebagai pilihan menu berbuka puasa yang lebih sehat. 

Tropicana Slim Shirataki Noodle dan Rice terbuat dari umbi shirataki yang tinggi serat dengan rasa nikmat namun rendah lemak dan lebih rendah garam. Dan jika ingin minuman manis, gunakan pemanis rendah kalori Tropicana Slim Sweetener Diabtx yang cocok ditambahkan pada berbagai minuman kesukaan sebagai alternatif rasa manis yang lebih sehat dan aman untuk diabetesi. 

Tropicana Slim Sweetener Diabetes bebas gula dan kalori, serta dilengkapi mineral alami kromium yang penting untuk mengontrol gula darah sehingga cocok untuk diabetesi. Selain itu, memilih jenis minyak untuk memasak dan cara memasak juga penting untuk membatasi asupan lemak jenuh. 

Membatasi asupan lemak jenuh penting untuk menjaga kadar kolesterol, dimana tingginya kadar kolesterol jahat dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang berkaitan dengan serangan jantung dan stroke.

Tahukah kamu bahwa minyak kelapa dan minyak sawit yang umum digunakan untuk memasak sesungguhnya tinggi kandungan lemak jenuhnya? Apalagi jika digunakan untuk menggoreng, minyak yang terserap pada makanan pastinya tidak sedikit. 

puasa sehat penyandang diabetes
Temukan produk Tropicana Slim di Klik Indomaret

Dibandingkan dengan minyak kelapa yang tinggi lemak jenuh atau lemak jahat, sebaiknya pilihlah minyak nabati lain yang lebih rendah lemak jenuhnya untuk memasak seperti Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil, Tropicana Slim Canola Oil, Tropicana Slim Corn Oil, dan Tropicana Slim Sunflower Oil. 

Semua jenis minyak Tropicana Slim dapat menjadi sebagai pilihan yang lebih sehat karena memiliki komposisi asam lemak yang lebih sehat karena tinggi akan lemak tidak jenuh (lemak baik) dan rendah kandungan lemak jenuhnya (lemak jahat). Tak lupa, sangat disarankan memasak dengan cara menumis atau memanggang, yang tidak menyebabkan minyak banyak terserap ke dalam makanan.

puasa sehat penyandang diabetes
Periode promo berlangsung dari 16 April – 30 April 2023

Mulai Hidup Sehat, Belanja Tropicana Slim Di Klik Indomaret


Referensi:
NHS UK
RMIT University
World Health Organization
American Heart Association

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here