pori pori besar
sumber gambar: freepik

Kulit mulus adalah impian setiap perempuan. Tapi faktanya, untuk mewujudkan tampilan kulit yang flawless, tentu tak semudah itu. Selain jerawat, masalah yang paling sering dihadapi adalah pori-pori besar pada wajah.

Selain membuat permukaan kulit jadi jauh dari kata mulus, pori-pori kulit yang membesar juga mampu menimbulkan sejumlah problematika lainnya. Pori-pori merupakan lubang folikel rambut yang ada pada permukaan kulit. Pada sejumlah area wajah, biasanya pori-pori memang tampak lebih besar.

Misalnya area hidung, dahi, dan dagu, adalah bagian wajah yang signifikan menampilkan pori-pori. Akan lebih baik jika kita mengenal penyebabnya terlebih dahulu agar membesarnya pori-pori bisa diminimalkan

Produksi Minyak Berlebih

Hal yang jadi penyebab utama pori-pori wajah membesar diakibatkan oleh produksi minyak berlebih pada wajah. Walau secara alami, minyak tersebut dibutuhkan untuk menjaga kelembaban wajah. Setiap orang memiliki kelenjar minyak pada kulitnya, namun jumlah yang diproduksi berbeda-beda.

Saat sudah terlalu banyak dan bercampur dengan sel kulit mati, kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit akan menyumbat pori-pori. Hal ini menyebabkan minyak tak bisa keluar secara alami hingga akhirnya menyebabkan ukuran pori-pori wajah jadi membesar

Malas Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah langkah awal untuk mendapatkan kulit sehat. Di saat kamu lalai membersihkan wajah, tak hanya jerawat saja yang akan timbul, perlahan pori-pori wajah juga akan membesar.

Hal ini disebabkan oleh sisa riasan, kotoran, dan debu yang belum terangkat akan menempel pada permukaan kulit dan masuk ke dalam pori-pori. Semakin malas kamu membersihkan wajah, semakin membesar ukuran pori-pori karena kumpulan kotoran.

Oleh karena itu, usahakan untuk lakukan double cleansing setiap malam, dan jangan pernah malas untuk membersihkan wajah. Dengan menerapkan kebiasaan baik membersihkan wajah, tentu kamu bisa terhindar dari pori-pori besar yang mengganggu penampilan kulit.

Baca Juga: Rekomendasi Moisturizer Untuk Semua Jenis Kulit

Jarang Eksfoliasi Kulit

Tersumbatnya pori-pori mampu menjadikan ukurannya semakin membesar. Di saat kamu melewatkan proses eksfoliasi, artinya sel kulit mati menumpuk pada permukaan kulit. Hal tersebut tentu berpotensi untuk masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan perubahan ukuran.

Bagi kamu yang ingin melakukan proses eksfoliasi, usahakan untuk memilih eksfoliator dengan kandungan BHA yang dapat mengangkat sel kulit mati dari permukan kulit secara mendalam. Dengan cara ini tentunya proses pembersihan kulit akan lebih optimal.

Faktor Usia

Perlu diingat bahwa bertambahnya usia berarti mampu membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Hal ini disebabkan oleh produksi kolagen yang menurun drastis, sehingga kulit menjadi tidak fleksibel. Faktor inilah yang juga menjadi penyebab pori-pori di wajah semakin membesar.

Sinar Uv

Sudah jadi rahasia umum jika sinar UV mampu memberikan ragam efek negatif pada kulit. Hal ini juga berkaitan dengan problema membesarnya pori-pori pada wajah. Pancaran sinar matahari mampu merusak kolagen pada kulit. Sedangkan kolagen memiliki tugas untuk menjaga kekencangan pori-pori.

Di saat rusak, tentu pori-pori akan menjadi besar. Oleh sebab itu, pastikan kembali agar kamu selalu melindungi kulit dengan sunscreen minimal SPF 30 agar terbebas dari kerusakan yang terjadi.

Skip Pakai Pelembab

Penggunaan pelembab juga memiliki peranan penting pada kulit. Di saat kulit berkurang kelembabannya, maka produksi minyak alami pada wajah akan berlebihan, otomatis membuat pori-pori wajah membesar. Jadi, jaga keseimbangan kulit dengan mengaplikasikan pelembab yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu.

Untuk meminimalkan penampilan pori-pori besar pada kulit wajah, Olay hadir dengan produk unggulan yang dapat jadi solusi tepat. Kali ini, Olay Total Effect (TE) akan jadi opsi sempurna untuk mengatasinya.

Produk ini diformulasi dengan vitamin complex yang terbukti dapat memberikan nutrisi dengan kelembapan dan kemampuannya untuk menyegarkan kulit sekaligus mengurangi tampilan garis halus dan kerutan yang terlihat.

Olay Total Effects 7 in 1 Day Cream SPF 15 - Beauty Review

Itu dia beberapa hal yang bisa jadi penyebab pori-pori besar pada kulit wajahmu. Sudah siap rawat kulitmu jadi lebih sehat dan hempaskan pori-pori besar di wajah? Dapatkan dan beli rangkaian produk Olay di Klik Indomaret sekarang.

pori pori besar
Periode promo berlangsung dari 01 – 28 Februari 2023

Ambil Promo Olay Sekarang Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here