uang rupiah
Sumber gambar : freepik/wirestock

Kalian pasti tidak asing melihat beberapa tokoh pahlawan pada mata uang yang kita kenal dengan rupiah. Tidak hanya rupiah sobat, beberapa mata uang dari negara lain juga mencantumkan tokoh pahlawan, bangunan bersejarah atau kebudayaan di mata uang mereka.

Dicantumkannya, tokoh pahlawan ataupun hal ikonik tentu bukan tanpa sebab. Ada berbagai macam alasan salah satunya untuk menghormati jasa dan mengenang sehingga dapat dilihat oleh berbagai generasi.

Nah kira-kira sobat sudah pada tahu belum? Beberapa tokoh pahlawan yang ada pada mata uang berikut ini. Lumayan untuk menambah wawasan dan ilmu seputar negara kita tercinta sobat.

Cut Meutia

Tokoh pahlawan terkenal asal Aceh ini, menjadi ikon pahlawan selanjutnya yang menjadi bagian dari mata uang kita. Memiliki nama lengkap Tjoet Nyak Meutia, potret dirinya diabadikan pada lembaran uang Rp 1.000 yang sudah lama diterbitkan.

Tuanku Imam Bonjol

Tokoh pahlawan selanjutnya yang ada pada pecahan mata uang adalah Tuanku Imam Bonjol. Tokohnya diabadikan pada pecahan uang Rp 5.000 yang diterbitkan pada 2001 silam. 

Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta

Kedua sosok yang punya julukan Bapak pendiri bangsa ini, berjasa dalam sejarah panjang Kemerdekaan Indonesia. Itu sebabnya, potret keduanya diabadikan pada uang pecahan Rp 100.000 untuk menghormati dan mengenang jasa keduanya. 

Frans Kaisiepo

Merupakan seorang putra Papua yang berjasa dalam menghidupkan eksistensi Republik Indonesia di tanah Papua. Akan jasanya tersebut, Dia digelari pahlawan nasional dan potretnya diabadikan pada uang pecahan Rp 10.000 yang diterbitkan pada tahun 2022. 

Muhammad Husni Thamrin

MH. Thamrin atau dengan nama lengkap Muhammad Husni Thamrin, seorang sosok pahlawan nasional yang potretnya diabadikan pada uang pecahan Rp 2.000. Beliau berjasa pada pergerakan nasional dan berjuang untuk kemajuan rakyat.

Jadi sudah mengenal bukan beberapa pahlawan yang ada pada pecahan mata uang rupiah? Mengenalinya akan berguna untuk menambah wawasan, serta menunjukan rasa hormat atas jasa-jasa dan perjuangan mereka demi Negeri tercinta. Masih dengan nuansa Kemerdekaan, Ayo belanja berbagai kebutuhan di Klik Indomaret karena banyak promo Kemerdekaan yang buat jadi makin hemat.

uang rupiah
Periode promo hingga 30 Ags 2022
Klik di sini Untuk Mulai Belanja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here