jenis beras
sumber gambar: freepik/chaded

Beras adalah salah satu makanan pokok yang sangat penting di berbagai negara Asia, khususnya di Indonesia. Salah satu bukti nya adalah kebiasaan orang Indonesia yang merasa belum makan jika belum mengonsumsi nasi.


Tidak hanya banyak peminat, beras juga memiliki beragam jenis yang berbeda dari segi bentuk dan teksturnya. Sehingga ketika dimasak, punya rasa yang berbeda dan setiap jenisnya bisa untuk berbagai masakan.

Nah buat kamu yang belum tahu, yuk kenalan dengan jenis-jenis beras berikut ini agar tidak salah pilih.

1. Beras Putih

jenis beras
sumber gambar: freepik/jcomp

Jenis beras yang satu ini adalah beras yang paling umum dan banyak dikonsumsi. Beras ini dihasilkan dengan menghilang kulit luar beras, dari situ lah asalnya beras yang berwarna putih.

Beras putih ini dapat diolah menjadi berbagai makanan. Seperti nasi goreng, sushi, bubur, atau dimasak seperti nasi biasa sebagai peneman lauk.

2. Beras Merah

jenis beras
sumber gambar: freepik/jcomp

Beras yang satu ini adalah salah satu jenis beras yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Beras ini memiliki warna cokelat keunguan, karena kulit luar berasnya yang tidak dihilangkan.

Tidak seperti beras pada umumnya, beras merah membutuhkan waktu yang cukup lama pada proses masaknya. Rasanya pun lebih hambar dibandingkan dengan beras biasa.

3. Beras Basmati

jenis beras
sumber gambar: freepik/stockimagefactorycom

Kalau kamu penggemar makanan India, Pakistan, ataupun Iran pasti tidak asing dengan beras basmati. Karena jenis beras yang satu ini, berasal dari beberapa tempat tadi. 

Ciri khas dari beras basmati adalah butir beras yang lebih tipis dan panjang. Serta memiliki aroma yang khas. Contoh kuliner asal India yang menggunakan beras ini adalah Biryani.

Baca Juga: Info Harga Eceran Tertinggi Beras Tahun 2023

4. Beras Arborio

jenis beras
sumber gambar: freepik/azerbaijan_stockers

Pernah makan Risotto? Jika bertanya-tanya jenis beras yang dipakai di kuliner itu, beras Arborio ini lah jawabannya. 

Ciri khas dari beras ini adalah butir beras nya yang pendek dan lebar. Selain itu, ketika dimasak beras ini melepaskan pati yang membentuk saus yang kental dan creamy.

5. Beras Ketan

jenis beras
sumber gambar: freepik/jcomp

Di urutan terakhir tidak ketinggalan beras ketan yang umum digunakan di hidangan Asia Tenggara maupun Asia Timur. 

Hidangan yang biasa menggunakan beras ini adalah hidangan penutup seperti mango sticky rice, rice pudding, lemper, lupis, dan berbagai kuliner lainnya. 

Itu dia beberapa jenis-jenis beras yang umum digunakan. Setiap jenisnya memiliki tekstur dan rasa yang berbeda-beda setiap jenisnya. 

Penting bagi kita untuk mengetahui tiap jenisnya, agar beras yang digunakan sesuai dengan masakan yang ini diolah.

jenis beras
Periode promo berlangsung dari 16 May – 31 May 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here