aplikasi ai
Sumber gambar : freepik/user850788

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) kini semakin marak digunakan karena dinilai sangat membantu pekerjaan. Ini dia beberapa aplikasi AI yang membantu pekerjaanmu.


Kecanggihan teknologi khususnya kecerdasan buatan atau AI sudah banyak digunakan di berbagai sektor. AI ini merupakan simulasi kecerdasan manusia yang diadaptasikan dalam sistem yang diprogram sehingga dapat berpikir layaknya manusia.

Sebelumnya penggunaan AI ini hanya sebatas pada perangkat elektronik seperti AC, mesin cuci, oven, dan lainnya. Namun, sekarang AI telah dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Seperti membuat artikel, mencari ide, menyusun konten, hingga memperbaiki tulisan.

Nah berikut ini beberapa aplikasi AI yang dapat membantu pekerjaan manusia yang bisa kamu coba :

1. ChatGPT

aplikasi ai
Sumber gambar : freepik/frimufilms

Pertama ada ChatGPT, aplikasi AI ini sempat ramai dibicarakan dan mendapatkan apresiasi karena kepintarannya menjawab berbagai pertanyaan secara otomatis. ChatCPT ini dikembangkan oleh startup bermana OpenAI.

ChatGPT ini berbasis termasuk AI berbasis teks. Jadi kamu bisa mengetikkan pertanyaan melalui platform nya https://chat.openai.com dan kemudian akan dijawab. Kamu bisa menggunakan ChatGPT untuk membuat artikel, atau mengerjakan tugas.

Canggihnya ChatGPT ini akan memberikan jawaban yang original, bukan hasil copy paste dari situs tertentu. Selain itu ChatGPT juga sudah mengenali pertanyaan dalam Bahasa Indonesia loh.

2. Steve AI

aplikasi ai
Sumber gambar : www.steve.ai

Selanjutnya ada Stave AI, platform AI ini membantu untuk membuat video dengan menuliskan deskripsi video yang diinginkan. Misalnya menulis mengenai “ikan berenang” pada teks maka oleh Steve AI akan menyuguhkan video ikan yang berenang dan dapat dikembangkan dengan merincikan teks yang ditulis sebelumnya seperti “animasi ikan berenang yang sedang makan di danau”.

3. Synthesia

aplikasi ai
Sumber gambar : www.synthesia.io

Synthesia merupakan AI yang mampu membuat video animasi dengan suara otomatis yang terdengar seperti manusia. Kamu bisa menulis script maupun mengunggah file audio yang sesuai. Selain itu, tersedia 120 bahasa yang bisa dipilih untuk menunjang video yang akan dibuat.

Synthesia dapat digunakan untuk membuat video presentasi, video penjualan, dan video tutorial dengan lebih mudah dan cepat loh.

4. Jasper

aplikasi ai
Sumber gambar : jasper.ai

Berikutnya ada Jasper, platform AI digunakan untuk membuat suatu naskah tertulis yang menarik dan sesuai dengan kaidah SEO. Jasper juga menyediakan jasa pembuatan artikel yang dapat memiliki nilai SEO tinggi, dengan kecepatan pembuatan artikel hingga 10 kali lebih cepat. Selain itu, Jasper juga menyebut mampu menulis dalam lebih dari 25 bahasa secara kreatif.

5. Grammarly

aplikasi ai
Sumber gambar : grammarly.com

Kamu kesulitan membuat tulisan dalam Bahasa Inggris dengan grammar yang baik dan benar, tenang saja. Saat ini sudah ada Grammarly yaitu platform AI yang membantu menulis dengan lebih baik dan lebih tepat dalam Bahasa Inggris.

Grammarly ini akan memeriksa tata bahasa, ejaan, penggunaan kata, dan memberikan saran untuk memperbaiki tulisanmu.

6. Soundful

aplikasi ai
Sumber gambar : my.soundful.com

Untuk kamu yang hobi membuat video ada AI bernama Soundful yang akan memudahkan untuk membuat video dengan suara latar belakang yang berkualitas tinggi. Soundful ini dapat memilih suara latar dari database yang luas, menyesuaikan durasi dan volume, dan menambahkan efek suara yang menghasilkan video yang lebih menarik.

7. Answer The Public

aplikasi ai
Sumber gambar : answerthepublic.com

Platform AI ini dapat membantu untuk memahami pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang di internet. Answer The Public ini akan membantu untuk menghasilkan artikel dan konten yang relevan dan menarik, memperoleh ide dan topik yang baru dan menarik, serta meningkatkan SEO dan optimasi untuk mesin pencari.

8. Uberduck

aplikasi ai
Sumber gambar : uberduck.ai

Terakhir ada Uberduck dengan platform AI untuk membuat suara berdasarkan teks atau script yang telah dibuat sebelumnya. AI ini dapat memilih jenis suara sesuai dengan kebutuhan mulai dari suara pria yang ngebass, suara perempuan, hingga suara ala karakter kartun. Atau bisa juga membuat jenis suara yang sesuai dengan referensi audio yang telah ada sebelumnya.

AI telah membawa dampak positif yang signifikan pada dunia kerja. Mulai dari pengolahan data, analisa, hingga proses pembuatan dalam pekerjaan. Namun, perlu diketahui bahwa keberhasilan implementasi AI ini tergantung pada penggunaan yang bijak, transparan, dan memperhatikan etika kerja.

Sebaiknya gabungkan kecerdasan buatan dengan keahlian manusia sehingga dapat  mencapai potensi penuh dari revolusi AI dalam dunia kerja. Dengan catatan menggunakan AI secara bijak dan sesuai dengan etika kerja yang diterapkan.

Jangan lupa untuk selalu isi kuota dan bayar tagihan internet supaya dalam mengerjakan pekerjaan dengan AI tetap lancar dan tidak terhalang karena kuota internet yang habis. Isi kuota dan bayar tagihan internet makin mudah di Klik Indomaret dan banyak promonya loh.

aplikasi ai

Isi Kuota dan Bayar Tagihan Internet di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here