jenis promo
sumber gambar: freepik/newfabrika

Parfum jadi salah satu elemen penting untuk tampil lebih percaya diri. Nah ini dia beragam jenis parfum dan perbedaannya yang perlu kamu tahu.


Memakai parfum jadi salah satu rutinitas yang tidak boleh terlewat sehabis mandi atau hendak bepergian. Selain memberikan aroma wangi pada tubuh, memakai parfum juga bisa menaikan kepercayaan diri dan mood jadi lebih baik.

Tapi tahukah kamu? Sebenarnya ada banyak jenis parfum dan berbeda dari segi jenis, ketahanan, dan bahan pembuatannya. 

Untuk tahu lebih dalam mengenai perbedaannya, simak perbedaan parfum dan jenis-jenisnya berikut ini.

1. Parfum (Perfume)

jenis parfum
sumber gambar: freepik/vikakokhanevich

Parfum memiliki kadar minyak wangi atau essential oil tertinggi dalam tingkatan dunia parfum. Kadarnya sekitar 20% – 30%, itu sebabnya parfum biasanya lebih oily dan memiliki aroma yang terasa pada kulit. 

Daya tahan parfum pun tidak main-main, bisa bertahan lama hingga 24 jam tergantung dari kandungan yang dipakai. Parfum biasanya punya beberapa notes, aromanya bisa bertransformasi dalam beberapa fase setelah disemprotkan ke kulit. 

2. Eau De Parfum (EDP)

jenis parfum
sumber gambar: freepik/goffkein

Meski sama-sama parfum, jenis parfum yang satu ini berada satu level atau lebih rendah dari parfum. Eau De Parfum (EDP) memiliki ekstrak sekitar 10% – 20%, meskipun aroma EDP tidak sekuat parfum, tetapi masih cukup tahan lama dan cukup tercium.

3. Eau De Toilette (EDT)

jenis parfum
sumber gambar: freepik/kuprevich

Lebih ke pewangi tubuh, Eau De Toilette (EDT) memiliki kadar minyak sebesar 5% – 15% dari seluruh komposisi yang ada. Biasanya formulanya ringan dan dikemas dalam kemasan botol plastik. 

Jenis parfum yang satu ini juga banyak digandrungi karena harganya yang terjangkau dan wangi yang ringan. Meskipun, kamu perlu mengaplikasikannya secara berulang.

Baca Juga: Piramida Wangi, Cara Pilih Aroma Parfum yang Tepat Untukmu

4. Eau De Cologne (EDC)

jenis parfum
sumber gambar: freepik/tiko33

Wewangian yang satu ini salah satu yang populer di kalangan pria, jenis parfum ini memiliki kadar minyak 2% – 4% dari keseluruhan komposisi. Biasanya botolnya besar dan kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. 

Daya tahannya juga hanya 2 – 3 jam dan perlu digunakan beberapa kali. Cologne hanya bisa digunakan pada kulit ya dan bukan pada ketiak. Karena itulah, kamu pasti akan merasa wanginya berubah ajaib saat berkeringat.

5. Deodorant Body Spray 

jenis parfum
sumber gambar: freepik/yaroslav-astakhov-

Kalau kamu punya masalah bau badan, mungkin sebaiknya kamu menggunakan parfum yang mengandung antiperspirant dan bisa menahan ketiak agar tidak basah berlebihan. Tapi cologne saja tidak cukup, kamu juga butuh deodorant body spray yang membuat badan wangi tapi punya zat aktif yang bisa menahan keringat.

Jadi tidak menimbulkan bau badan meski disemprot beberapa kali. Di dalam deodorant body spray, terdapat 1 – 3% kadar minyak esensial. Meski kecil, jangan khawatir, karena antiperspirant di dalamnya adalah zat aktif yang bisa menghambat produksi keringat penyebab bakteri. Hasilnya, keringat jadi tidak bau dan kandungan ekstrak parfum didalamnya menempel sempurna di tubuh.

Nah itu dia beberapa jenis parfum dan berbagai segi perbedaannya. Kamu bisa memilih, berdasarkan ketahanannya untuk dipakai berdasarkan aktivitasmu.

Tampil Wangi Belanja Parfum Favorit Di Sini

Sumber info: axe.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here