lomba 17 agustus
sumber gambar: freepik/odua

Perayaan Kemerdekaan sudah di depan mata tapi masih bingung cari ide lomba 17 Agustusan? Ini dia ide lomba 17 Agustus untuk mengisi hari Kemerdekaan dengan keceriaan.


Kemerdekaan adalah momen bersejarah yang bermakna bagi setiap bangsa dan negara. Tak terkecuali negara kita Indonesia, bertepatan pada 17 Agustus 2023 nanti Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun yang ke-78.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Kemerdekaan biasanya dimeriahkan dengan berbagai acara dan perlombaan untuk mengeratkan hubungan antar warga.

Nah, kamu jadi panitia lomba 17 Agustus tapi masih bingung mau mengadakan perlombaan apa di tahun ini? Yuk cek ide lomba 17 Agustus yang bisa dicoba berikut ini.

1. Lomba Makan Kerupuk

Lomba yang satu ini sudah pasti tidak absen dari list kegiatan yang sering dilombakan. Cara perlombaannya pun sederhana, beberapa kerupuk dijejerkan di atas seutas tali yang digantung tiap sisinya. 

Nantinya para peserta diminta menghabiskan kerupuk yang ada. Dengan catatan, siapa yang menghabiskannya lebih dahulu jadi pemenangnya.

2. Lomba Balap Karung

Selain lomba makan kerupuk, lomba balap karung juga tidak kalah populer dan sering dilombakan. Lomba yang mengandalkan kecepatan dan ketangkasan ini, dimainkan dengan cara setiap peserta melompat dengan karung hingga ke garis finish.

3. Lomba Estafet Tepung atau Air

Mau coba lomba yang mengandalkan kerjasama tim? Lomba estafet bisa jadi pilihan. Jika biasanya lomba estafet berupa lomba lari bersambung memberikan tongkat. 

Kamu bisa menyiasatinya dengan estafet bersambung memindahkan tepung atau air dari ember. Caranya setiap peserta membentuk barisan, lalu memindahkan tepung atau air ke peserta lainnya hingga ke orang terakhir.

4. Lomba Tebak Lagu Daerah

Mencari lomba yang bisa mengasah pengetahuan seputar daerah? Lomba tebak lagu daerah jawabannya. Caranya, para peserta akan diminta menebak lagu daerah yang diputarkan sepenggal lirik.

Baca Juga: Tips Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak

5. Lomba Memasak Makanan Daerah

Berbeda dari lomba masak biasa, lomba memasak makanan daerah bisa jadi ajang untuk mempromosikan masakan tradisional dari berbagai daerah termasuk daerah asal kalian.

Nah agar tidak terlalu memberatkan dan mengandalkan kerjasama, peserta lomba masak bisa dibagi menjadi beberapa tim yang diisi beberapa orang.

6. Lomba Olahraga

Perlombaan lainnya yang bisa jadi pilihan adalah lomba olahraga, tidak hanya satu tapi ada banyak jenis cabang olahraga yang bisa dilombakan.

Misalnya dari yang paling sering seperti sepak bola, lari, bulutangkis, voli, dan lain sebagainya yang seringkali jadi perlombaan. 

7. Lomba Memasukan Paku ke Botol

Tidak kalah seru, lomba memasukan paku atau pulpen ke dalam botol bisa jadi pilihan juga untuk memeriahkan acara Kemerdekaan nanti. 

Cara mainnya pun tidak sulit, hanya perlu beberapa peserta yang bagian pinggang diikatkan tali nantinya ujung tali diikatkan dengan paku atau pulpen. Para peserta, perlu untuk memasukan paku ke botol.

Itu dia 7 ide lomba 17 Agustus yang bisa jadi pilihan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 nanti. Jangan lupa pastikan lomba yang diikuti aman dan disesuaikan dengan usia peserta yang diperbolehkan untuk ikut serta ya.

Jangan lupa juga persiapkan snack atau jajanan favorit untuk memeriahkan berbagai acaramu.

lomba 17 agustus
Periode promo berlangsung dari 02 Agustus – 15 Agustus 2023

Meriahkan Berbagai Acara Dengan Snack Favorit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here