polusi udara
sumber gambar: freepik/artitwpd

Polusi udara menjadi salah satu masalah serius karena dapat mengancam kesehatani. Nah ini 4 cara untuk dapat mengurangi dampak polusi udara yang buruk.


Belakangan ini polusi udara jadi masalah yang cukup serius khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Tidak hanya berdampak bagi lingkungan, hal ini juga dapat menyebabkan masalah pernapasan yang bisa dipicu akibat polusi udara yang buruk.

Tentunya perlu upaya dari berbagai pihak untuk mengurangi dampak buruknya. Salah satunya dimulai dari sendiri, ini 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi polusi udara.

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

polusi udara
Sumber gambar: freepik/chainfoto24

Cara ini bisa membantu mengurangi dampak yang kian hari makin mengkhawatirkan. Karena mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, bisa mengurangi emisi gas buang yang menjadi salah satu penyebab .

Kamu bisa menggunakan alternatif kendaraan lain seperti bersepeda atau menggunakan transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan, pastikan melakukan cek secara berkala ini akan membantu kendaraan bekerja lebih optimal dan mengurangi emisi yang merugikan.

2. Tidak Membakar Sampah Sembarangan

polusi udara
Sumber gambar: freepik/wirestock

Usahakan untuk tidak membakar sampah sembarangan di pekarangan rumah. Karena, asap dari pembakaran bisa saja berbahaya jika tercium dan mengotori udara sekitar.

Baca Juga: Kenali Jenis Sampah Berikut Agar Lingkungan Terjaga

3. Menerapkan Hemat Energi 

polusi udara
sumber gambar: freepik

Menghemat energi bisa juga menjadi alternatif cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak polusi udara. Hal ini, dikarenakan penggunaan daya yang cerdas dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan juga dapat menghemat biaya.

4. Menanam Pohon dan Tanaman

polusi udara
Sumber gambar: freepik/a3pfamily

Menanam pohon dan tumbuhan di pekarangan rumah, bisa juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi pencemaran udara. Karena tanaman hijau seperti pohon atau tanaman hias, memiliki kemampuan alami untuk menyerap polutan di udara.

Selain mampu menyaring udara, menanam pohon atau tanaman di pekarangan rumah membuat pemandangan jadi lebih asri.

Dengan melakukan beberapa tips diatas, kamu bisa memulai hal kecil untuk mengurangi pencemaran udara yang tidak baik bagi kesehatan maupun lingkungan. Selain menjaga lingkungan dari polusi udara, kamu juga perlu menjaga diri agar imun tetap kuat dan tubuh tetap sehat.

polusi udara
Periode promo berlangsung dari 26 Juli – 29 Agustus 2023

Jaga Imun dan Tubuh Tetap Sehat Bersama KLiK Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here