gas bocor
sumber gambar: freepik/aryutkin

Memasak adalah kegiatan yang biasa, tetapi tidak jarang ada risiko yang mengintai seperti kebocoran gas LPG. Jangan panik! Ini tips menanganinya.


Penggunaan tabung gas sebagai sumber energi tak tergantikan dalam banyak rumah tangga dan industri. Namun, meski punya banyak manfaat juga ada risiko keamanan yang harus diperhatikan terutama ketika adanya potensi gas bocor.

Karena kebocoran gas dapat menyebabkan bahaya serius seperti kebakaran, ledakan, atau keracunan gas. Untuk menangani gas bocor, beberapa tips ini bisa kamu lakukan. 

1. Pastikan Kompor dalam Keadaan Mati

Jika terjadi kebocoran LPG, akan tercium bau khas LPG atau terdengar suara mendesis. Jika memang benar, segera pastikan kompor dalam keadaan mati dan segera lepas regulator gas.

2. Saat Melepas Regulator Putar Knop Melawan Arah Jarum Jam

Tidak sembarangan, saat melepas regulator cara yang tepat adalah memutar knop regulator berlawanan arah jarum jam. 

3. Buka Jalur Sirkulasi Udara

Setelah melepas tabung LPG, pastikan juga kamu membuka jalur sirkulasi udara di rumah atau ruangan yang tersisa bau khas LPG.

Jalur sirkulasi udara ini berupa jendela ataupun pintu, buka lah agar udara dapat masuk dan bau khas LPG berangsur menghilang.

4. Bawa Tabung LPG Ke Luar Ruangan/Tempat

Setelah membuka jalur sirkulasi udara, bawa tabung LPG ke luar ruangan atau tempat terbuka dan aman seperti halaman rumah atau tempat terbuka lainnya. 

5. Jangan Nyalakan Api, Listrik, atau Sumber Panas Lainnya

Selama bau khas LPG masih tercium, jangan nyalakan api, listrik, atau sumber panas lainnya. Pastikan terlebih dahulu keadaan aman dan terkendali, untuk menghidupkan kembali alat-alat tersebut.

6. Hubungi Pertamina Call Center 135

Jika masih memerlukan bantuan, hubungi Pertamina call center di 135 untuk mendapatkan bantuan penanganan atau penyampaian keluhan terkait produk. 

Gas bocor bisa terjadi kapan saja, itu sebabnya melakukan pencegahan seperti mengganti regulator jika diperlukan dan mengecek tabung LPG secara berkala perlu dilakukan.

Sumber informasi: brightgas.co.id

gas bocor
Periode promo berlangsung 07 Agustus – 31 Agustus 2023

Kumpulkan STAMP & Dapatkan Hadiahnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here