manfaat tummy time
Sumber gambar : freepik/freepic.diller

Bayi sering tengkurap atau tummy time? Jangan khawatir, ini dia manfaat tummy time untuk bayi yang perlu Bunda tahu.


Tummy time merupakan kegiatan penting yang direkomendasikan untuk dilakukan oleh bayi sejak mereka lahir. Aktivitas ini melibatkan meletakkan bayi dengan posisi telungkup atau dada menghadap ke bawah pada permukaan yang datar dan aman.

Meskipun terlihat berbahaya tetapi tummy time ini memiliki segudang manfaat untuk bayi. Saat bayi sedang melakukan tummy time, pastikan mereka dalam keadaan bangun dan ada yang menjaga di dekatnya supaya tetap aman.

Lantas apa saja manfaat tummy time bagi perkembangan bayi yang perlu bunda tahu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Perkembangan fisik

manfaat tummy time
Sumber gambar : freepik

Tummy time membantu memperkuat otot-otot leher, lengan, dan tubuh atas bayi. Hal ini penting untuk membantu bayi dalam mengembangkan keterampilan motorik seperti mengangkat kepala, berguling, merayap, dan akhirnya merangkak.

Baca juga : Cara Cegah Stunting pada Anak

2. Mencegah flat head syndrome

manfaat tummy time
Sumber gambar : freepik

Salah satu manfaat tummy time adalah mencegah dan mengurangi risiko sindrom kepala datar (flat head syndrome). Bayi yang terlalu sering berbaring pada punggungnya memiliki kemungkinan penekukan pada tengkorak mereka. Tummy time membantu dalam memvariasikan posisi tidur dan mencegah penekukan tengkorak yang tidak seimbang.

3. Stimulasi sensorik

manfaat tummy time
Sumber gambar : freepik

Tummy time memberikan kesempatan bagi bayi untuk mengamati dan menjelajahi lingkungan sekitar mereka dari sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat merangsang penglihatan, pendengaran, dan sentuhan bayi, serta membantu mereka dalam mengembangkan persepsi sensorik yang lebih baik.

4. Mempersiapkan untuk merangkak dan berjalan

manfaat tummy time
Sumber gambar : freepik/kristina_igumnova

Melalui tummy time, bayi akan memperoleh kekuatan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk merangkak, duduk, dan berjalan. Aktivitas ini juga membantu dalam membangun koordinasi mata, tangan, dan kestabilan tubuh.

Itu dia beberapa manfaat tummy time yang penting untuk perkembangan bayi di usia 1-3 bulan. Namun, penting juga diingat bahwa perkembangans setiap bayi berbeda-beda. Jadi selalu perhatikan dan konsultasikan perkembangan bayi dengan dokter.

Jangan lupa juga selalu penuhi gizi ibu dan bayi selama masa pertumbuhannya dengan konsumsi susu dan makanan bayi dengan nutrisi tinggi. Belanja susu dan makanan ibu dan bayi selama masa pertumbuhan di Klik Indomaret aja, karena banyak promonya, pilihan produknya banyak, dan gratis ongkir tentunya.

manfaat tummy time
Periode promo hingga 31 Agustus 2023

Belanja Perlengkapan Ibu dan Bayi di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here