cara mengukur berat badan ideal
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Memiliki berat badan ideal adalah idaman semua orang. Tetapi bagaimana cara mengukur berat badan ideal? Simak caranya berikut ini.


Berat badan menjadi salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan. Sering kali berat badan dikaitkan dengan penampilan yang akan mempengaruhi percaya diri. Namun, selain penampilan, berat badan juga berkaitan erat dengan kesehatan tubuh, sehingga penting untuk menjaga berat badan ideal.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan berat badan ideal? Berat badan ideal adalah berat yang dimiliki seseorang tidak pada angka yang berlebih tetapi juga terlalu rendah. Berat badan ideal ini juga yang nantinya membuat seseorang lebih merasa sehat dan bugar.

Baca juga : Diet Ampuh Turunkan Berat Badan Ala Bintang Kpop

Beberapa hal yang bisa menjadi acuan pertimbangan berat badan adalah berkaitan dengan jumlah massa otot, bentuk tubuh, usia dan jenis kelamin. Sehingga kamu membutuhkan cukup banyak parameter untuk bisa menjelaskan bahwa kamu sedang dalam kondisi berat badan yang ideal.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Lalu bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui angka berat badan yang ideal seseorang.

1. Cara Pierre Paul Broca

cara mengukur berat badan ideal
Sumber gambar : freepik/katemangostar

Cara ini dikenalkan oleh seorang dokter bedah asal Prancis yang bernama Pierre Paul Broca. Dokter Broca ini memberikan rumus untuk mencari tahu berat badan ideal dengan menggunakan :

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100.

Contohnya jika kamu memiliki tinggi sekitar 165 cm maka berat badan ideal yang kamu butuhkan adalah 65kg karena dikurangi angka 100 sesuai rumusnya. Hanya saja banyak yang mengatakan rumus ini kurang valid karena nggak mempertimbangkan jenis kelamin dan nggak semua orang punya tinggi di bawah 165 cm.

Oleh karena itu perlu membedakan rumus ini untuk pria dan wanita.

Pria

Berat badan ideal (kg = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Wanita

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

2. Cara IMT (Indeks Massa Tubuh)

cara mengukur berat badan ideal
Sumber gambar : freepik/cookie_studio

Cara kedua yang bisa kamu gunakan adalah IMT atau Indeks Massa Tubuh. IMT ini lebih mendalam dibandingkan hanya sekedar mengukur berat badan karena berkaitan langsung dengan kadar lemak yang ada di dalam tubuh. Pengukuran ini lebih efektif karena bisa diterapkan pada semua gender, usia dan juga tinggi badan.

Untuk bisa mendapatkan IMT rumus yang perlu kamu gunakan adalah

Berat Badan Ideal (kg) = Berat Badan (kg)/(tinggi badan (meter) x tinggi badan (meter)

Setelah mendapatkan hasil perhitungan kemudian dicocokkan pada standar IMT yang sudah ditetapkan berikut ini.

IMTKeterangan
>27,5 kg/m2Fase obesitas
23 – 27,5 kg/m2Fase overweight atau kelebihan berat badan
18,5 – 22,9 kg/m2Berat badan ideal atau normal
<18,5 kg/m2Kurus atau kekurangan berat badan

Baca juga : Kebiasaan Diet yang Salah Tapi Sering Dilakukan, Apa Saja?

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengukur berat badan ideal yang benar dan bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk mendapatkan berat badan idealmu. Jangan lupa untuk gunakan cara yang tepat dan sehat untuk mendapatkan berat badan ideal. Hindari melakukan diet berlebihan dan makan makanan yang tidak sehat.

Selalu jaga asupan nutrisi tubuh untuk menunjang berat badan ideal dengan konsumsi buah dan sayur segar. Nah, untuk belanja buah dan sayur segar bisa dari rumah loh dengan Klik Indomaret. Pas banget ada promo juga biar belanjamu makin hemat. Jadi tunggu apalagi, yuk belanja sekarang.

cara mengukur berat badan ideal
Periode promo hingga 31 Juli 2023

Belanja Buah dan Sayur Segar di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here