mpasi pertama
sumber gambar: freepik/tonefotografia

Si kecil akan mulai MPASI pertama? Tentu perlu mempersiapkan perlengkapan agar proses mpasi lebih lancar. Ini dia 5 perlengkapan yang perlu dipersiapkan untuk mpasi anak.


MPASI (Makanan Pendamping Asi) adalah salah satu momen penting dalam tumbuh kembang buah hati. Oleh karena itu, sebagai orang tua perlu adanya kesiapan diri dan juga perlengkapan yang cukup.

Dari sisi anak juga perlu dipersiapkan, jika usia anak dan tanda-tanda kesiapan masa MPASI nya sudah mencukupi sesuai anjuran Dokter. Maka, Ayah dan Bunda bisa mempersiapkan 5 perlengkapan untuk MPASI berikut ini.

1. Kursi Tinggi

mpasi pertama
sumber gambar: freepik/user12914223

Perlengkapan MPASI yang pertama adalah kursi tinggi agar si Kecil bisa nyaman makan di tempat duduknya. Pilihlah kursi tinggi yang stabil dengan pengikat yang kuat, agar si Kecil tetap aman.

Untuk kenyamanan lebih, pilih sandaran yang nyaman dan empuk serta tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan anak.

2. Peralatan Makan Khusus Anak

mpasi pertama
sumber gambar: freepik

Barang esensial lainnya adalah peralatan makan khusus untuk anak. Kenapa khusus? Karena peralatan makan yang dirancang khusus untuk anak, biasanya lebih lembut dan nyaman untuk mereka gunakan.

Pilihlah peralatan makan bayi yang terbuat dari bahan anti panas dan tidak beracun (food grade). Lalu pilih yang memiliki bagian bawah anti slip agar anak bisa mencoba makan sendiri dan tidak tumpah.

3. Blender atau Penggiling Makanan

mpasi pertama
sumber gambar: freepik/wavebreakmedia

Alat ini sangat penting untuk menghasilkan tekstur makanan bayi yang lembut dan sesuai dengan usia mereka. 

Bunda bisa memilih antara blender, penggiling makanan, ataupun baby food processor yang memang dikhususkan untuk mengolah makanan bayi. Pastikan, alat tersebut nyaman dan aman digunakan untuk mengolah makanan bayi.

Baca Juga: Bahan Makanan yang Baik Untuk Menu Mpasi Anak

4. Celemek Bayi

mpasi pertama
sumber gambar: freepik/cookie_studio

Selain peralatan makan anti slip, untuk menghindari makanan bayi berantakan dan mengenai bajunya gunakan celemek silikon atau kain. Pilih yang aman untuk digunakan dan bagi kulit bayi.

5. Toples atau Tempat Penyimpanan Makanan

mpasi pertama
sumber gambar: freepik/yanadjana

Untuk menghemat waktu dan tenaga, kamu bisa melakukan stok makanan bayi yang bisa dibekukan tentunya disimpan dalam toples atau tempat penyimpanan yang kedap udara agar tetap awet.

Pastikan juga toples atau tempat penyimpanan makanan, aman untuk digunakan dan (food grade). Pilih juga tempat penyimpanan yang anti slip dan tidak mudah bocor.

Tak hanya kesiapan perlengkapan saja, memastikan anak menunjukan kesiapan fisik dan psikologis juga diperlukan. Sehingga, perlu adanya konsultasi ke Dokter anak untuk memastikan bahwa bayi benar-benar siap untuk MPASI.

Cari bahan makanan untuk MPASI? Klik Indomaret tempatnya, belanja berbagai kebutuhan #TinggalKLiK.

mpasi pertama
Periode promosi berlangsung dari 05 Juli – 18 Juli 2023
Belanja Bahan Makanan atau Camilan Anak Di Klik Indomaret 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here