Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat pengeluaran harian maupun bulanan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi jajan atau membeli makanan di luar dan lebih memilih memasak bahan makanan yang tersedia di rumah.

Tidak hanya menghemat pengeluaran, memasak juga berarti kamu mengetahui setiap makanan yang kamu konsumsi apakah sehat atau tidaknya. Nah agar makanan semakin terasa cita rasanya perlu tambahan beraneka ragam bumbu yang berasal dari berbagai macam rempah.

Buat sobat yang masih bingung bumbu dapur yang biasa wajib untuk stok di rumah, berikut rekomendasinya selengkapnya.

Kecap

Sumber gambar : freepik/ jcomp

Pastinya sebagian orang menyukai makanan yang memiliki cita rasa manis dan gurih secara bersamaan. Tidak hanya berasal dari gula, rasa manis pada makanan bisa kamu dapatkan dari kecap manis. Sehingga kecap perlu ada dalam stok bumbu dapur tiap bulannya.

Terdapat beberapa jenis kecap yang bisa sobat stok di dapur, yakni kecap manis, kecap asin, kecap ikan, kecap Inggris dan masih banyak lainnya sesuai dengan kegunaannya pada masing-masing makanan.

Penyedap Rasa

Sumber gambar : freepik/ goffkein

Menambahkan rasa gurih pada makanan secara instan dapat kamu berikan penyedap rasa sesuai dengan selera. Umumnya penyedap rasa sudah dikemas dan memiliki rasa gurih, manis ataupun asin yang sudah sesuai sehingga memudahkan kamu dalam memasak.

Namun walaupun memiliki rasa yang lezat, penggunaan penyedap rasa harus sesuai anjuran saji atau secukupnya sesuai dengan takaran.

Saus

Sumber gambar : freepik/ azerbaijan_stockers

Kamu lebih suka rasa pedas dari sambal atau saus sobat? Rasa pedas dari sambal memang lezat, namun kadang kala beberapa makanan lebih cocok dicocol dengan saus, sehingga saus perlu masuk ke dalam daftar bumbu dapur yang perlu kamu stok di rumah.

Banyak jenis saus yang bisa sobat coba, pada umumnya yang sering digunakan adalah saus sambal, saus tomat, dan juga mayonaise.

Garam dan Gula

Sumber gambar : freepik/azerbaijan_stockers

Siapa di sini yang suka makan-makanan asin? Tentu kehadiran garam tidak bisa ketinggalan dari daftar bumbu dapur yang wajib ada di rak dapur milikmu. 

Garam berfungsi untuk menciptakan rasa asin pada makanan, saat ini jenis garam sudah banyak jenisnya seperti garam laut, garam meja ataupun garam dengan warna pink yakni garam Himalaya.

Nah untuk menciptakan cita rasa yang seimbang, menambahkan gula secukupnya pada makanan dapat memberikan rasa yang nikmat. Sama seperti garam, gula juga memiliki beragam jenis yakni gula pasir, gula merah, gula batu, gula halus dan lainnya. 

Lada

A wooden plate full of dried pepper on a white background. High quality photo

Sumber gambar : freepik/ aijan_stockers

Ingin menciptakan rasa pedas nikmat yang sedikit menyengat di lidah? Maka lada bisa jadi solusinya sobat. Biasanya lada ini dapat digunakan pada kuliner berkuah ataupun campuran bumbu lainnya untuk menambahkan rasa pedas pada makanan.

Bawang dan rempah  

top view of onions in basket with black pepper, sliced onion in bowl, salt, butter and knife around on red background

Sumber gambar : freepik/stockking

Sebagai orang Indonesia yang menyukai makanan dengan cita rasa rempah dan bumbu yang kuat. Tentunya kehadiran aneka bawang dan rempah juga wajib ada dalam daftar bumbu dapur yang ada di rumah. 

Berbagai macam bawang seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombay dan rempah lainnya seperti jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, kemiri dan lain sebagainya akan memperkaya cita rasa masakan rumahan yang kamu buat.

Nah sobat beberapa bumbu dapur tadi hanya sebagian kecil dari aneka bumbu dapur yang perlu kamu sediakan di rumah. Tidak hanya , beberapa bumbu dapur bahkan memiliki khasiatnya tersendiri bila digunakan sesuai takaran dan kegunaannya masing-masing.

Periode promo 8 – 15 Februari 2022

Belanja Bumbu Dapur di Sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here