Bahaya Olahraga berlebihan
Sumber gambar : freepik/pressfoto

Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan juga tidak baik. Banyak orang yang berolahraga secara berlebihan agar target atau tujuannya cepat tercapai. Ini adalah cara yang salah. Melakukan latihan fisik secara berlebihan justru akan membuat energi tubuh terkuras dan berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. Berikut yang akan terjadi pada tubuh apabila olahraga secara berlebihan.

Badan Lelah dan Tidak Berenergi

Bahaya Olahraga berlebihan
Sumber gambar : freepik/cookie_studio

Setelah olahraga tentunya akan terasa capek. Namun, jika sobat mulai merasa lelah sepanjang hari dan sulit bergerak, itu bisa menjadi dampak dari olahraga berlebihan.

Susah Tidur

Bahaya Olahraga berlebihan
Sumber gambar : freepik/amenic181

Olahraga yang dilakukan dalam batas yang normal bermanfaat untuk mengatasi insomnia. Tapi, olahraga yang berlebihan justru dapat mengakibatkan kamu susah tidur dan insomnia. Berolahraga terlalu banyak membuat tubuh merasa stress dan lelah yang berlebih sehingga membuat badan tidak mengantuk dan sulit rileks.

Depresi dan Mudah Marah

Bahaya Olahraga berlebihan
Sumber gambar : freepik/jcomp

Olahraga diklaim dapat membuat seseorang lebih bahagia karena adanya lonjakan hormon endorfin. Hormon endorfin ini merupakan hormon yang diproduksi tubuh untuk menghilangkan stress dan rasa sakit. Hormon ini terbentuk salah satunya dengan olahraga. Namun, saat olahraga terlalu sering justru membuat tubuh merasa kelelahan dan susah tidur. Hal ini kemudian yang mempengaruhi mental dan membuat seseorang menjadi mudah marah hingga depresi.

Berat Badan Naik

Bahaya Olahraga berlebihan
Sumber gambar : freepik/jcomp

Ketika ingin mendapatkan berat badan yang ideal salah satu caranya yaitu dengan olahraga. Tapi ketika olahraga berlebihan demi mendapatkan berat badan ideal justru berbalik dapat membuat berat badan naik. Hal ini disebabkan ketika olahraga berlebih tubuh akan memproduksi hormon stress (kortisol) yang dapat mengganggu metabolisme. Jika metabolisme terganggu maka tubuh membakar kalori tidak sebanyak yang seharusnya. Selain itu, stress juga membuat tubuh lebih ingin mengonsumsi makanan manis-manis.

Muncul Penyakit

Dikutip dari halodoc, terlalu sering olahraga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh seperti nyeri punggung, nyeri otot, osteoarthritis, gangguan menstruasi, dan gangguan seksual pria. Berbagai penyakit tersebut bisa berpengaruh jangka pendek dan jangka panjang.

Lakukanlah olahraga dalam batas normal supaya tidak muncul keluhan dan gangguan kesehatan akibat olahraga yang terlalu berlebihan. Sobat dapat melakukan olahraga 30 menit hingga satu jam setiap hari, atau tiga kali dalam seminggu. Selain olahraga sobat juga dapat membeli vitamin dan suplemen kesehatan di Klik Indomaret.

Bahaya Olahraga berlebihan
Periode promo 15 Sept 2022

Belanja Vitamin dan Suplemen Kesehatan di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here