Mengonsumsi buah setiap hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Hal itu dikarenakan buah menjadi salah satu sumber vitamin alami yang dibutuhkan oleh tubuh kita. 

Tidak hanya kaya akan vitamin, buah memiliki berbagai manfaat lain seperti melancarkan pencernaan, menjaga fungsi organ tubuh, detoks tubuh dan lain sebagainya.

Seperti bahan makanan pada umumnya, buah-buahan memiliki berbagai macam rasa mulai dari manis, pahit dan juga rasa asam. Nah, rasa asam inilah yang sering ditemukan pada beberapa buah dan menjadi daya tarik akan kesegarannya.

Apalagi jika dibuat untuk jadi olahan menyegarkan seperti jus ataupun rujak. Rasanya berbagai buah asam seakan menjadi pelengkap yang tidak boleh tertinggal. Berikut tujuh buah yang memiliki rasa asam dan bisa kamu coba sobat.

Jeruk

Cut and whole orange fruits with green leaves isolated on white background. Closeup shot. Natural vitamin or organic food concept

Sumber gambar: pch.vector-Freepik

Buah pertama dengan rasa asam yang bisa kamu coba adalah jeruk. Buah orange yang satu ini memiliki rasa asam yang menyegarkan untuk di makan. Selain itu, jeruk menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan air yang banyak pada daging buahnya. 

Jeruk juga dikenal kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan berbagai jenis vitamin lainnya. Tingkat keasaman buah jeruk biasanya berbeda-beda tergantung jenisnya, contoh beberapa dengan tingkat keasaman yang tinggi adalah jeruk nipis ataupun lemon.

Untuk kamu yang tidak begitu rasa asam pada buah jeruk, ada kok buah jeruk yang memiliki rasa manis yang bisa sobat cicipi.

Markisa

Mango with Passion fruit smoothie by fresh ingredients

Sumber gambar: dashu83-Freepik

Buah yang seringkali menjadi varian rasa pada jus ataupun sirup ini masuk dalam kategori buah yang memiliki rasa asam menyegarkan. Markisa memiliki bagian dalam buah berwarna kekuningan, serta berbentuk seperti bulir kecil dengan biji hitam di dalamnya. 

Rasa asam yang dihasilkan dari buah Markisa sangat cocok untuk dijadikan minuman atau pelengkap dalam es buah. Sama seperti buah jeruk, Markisa memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan serta berbagai macam vitamin lainnya. 

Nanas

Sliced pineapple with juice flat lay on a white background

Sumber gambar: 8photo-Freepik

Ngerujak tanpa kehadiran buah nanas juga rasanya pasti ada yang kurang ya sobat. Rasa manis dan juga asam pada buah nanas pasti sering buat kita ketagihan. Nanas juga merupakan buah yang memiliki kandungan air melimpah dan daging buah yang berserat.

Umumnya buah nanas ditambahkan dalam campuran rujak atau bisa juga dimakan langsung. Perlu diingat untuk teliti dalam membersihkan buah nanas, agar tidak menimbulkan rasa gatal saat hendak dikonsumsi.

Belimbing 

Starfruits in a bowl over wooden table.

Sumber gambar: odumazza-Freepik

Buah yang berbentuk seperti bintang ketika dipotong ini memiliki rasa yang manis dan juga asam. Kandungan air yang terdapat pada buah belimbing juga melimpah dan tidak kalah dengan jenis buah lainnya, buah ini memiliki berbagai macam vitamin dan manfaat bagi tubuh.

Jenis belimbing yang memiliki tingkat keasaman tinggi adalah belimbing wuluh atau belimbing yang masih berusia muda. Kamu bisa memakan belimbing ini dengan saus rujak agar terasa lebih nikmat.

Kedondong

Sumber gambar: danykur-Freepik

Buah hijau yang sekilas mirip dengan buah mangga ini memiliki rasa asam nikmat yang tidak usah diragukan lagi sobat. Kedondong sama seperti buah nanas, sering kamu jumpai ada di campuran buah pada rujak. 

Kedondong memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh, dikarenakan kaya akan serat dan juga air pada bagian dalam buahnya.

Mangga Muda

close up of mango fruit on the mango tree

Sumber gambar: aopsan-Freepik

Mangga matang terasa manis, namun jika mencari yang asam, kecut dan segar sobat bisa beralih ke mangga muda. Mangga yang masih terasa keras dan berwarna pucat pada daging buahnya disebut dengan mangga muda. Mangga muda ini akan terasa semakin lezat bila dimakan dengan cocolan saus rujak atau campuran cabai dan garam.

Hati-hati saat akan memakan buah mangga ini ya sobat, pastikan getah pada daging buah sudah bersih dan tidak ikut termakan saat kamu konsumsi.

Sirsak

Soursop or annona muricata fruits isolated on white surface.

Sumber gambar: user22978605-Freepik

Asam-asam segar inilah buah sirsak, buah dengan tekstur daging yang lembut berwarna putih ini lebih sering dijadikan jus atau jenis minuman lain. Hal ini dikarenakan, buah sirsak memiliki kandungan air yang melimpah dengan kombinasi rasa manis dan asam yang pas.

Sebelum dijadikan jus atau dikonsumsi secara langsung, sobat perlu teliti dalam membersihkan daging buah dari biji berwarna hitam yang ada pada buah sirsak.

Sobat sudah mulai terasa air liur mengalir belum karena ingin coba berbagai buah asam di atas? Pastinya konsumsi buah-buah tadi dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan biasanya tidak baik bagi kesehatan, apalagi rasa asam yang bisa berpengaruh pada pencernaan kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here