tips menjadi orang tua baru
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Memiliki buah hati tentunya selalu diidamkan semua orang tua. Namun, menjadi orang tua tidaklah mudah banyak yang perlu dipersiapkan. Ini dia tips dan persiapan menjadi orang tua baru yang perlu kamu tahu.


Menjadi orang tua merupakan pengalaman yang  mengagumkan tetapi juga penuh tantangan. Saat baru memiliki anak dan menjalani peran baru sebagai orang tua maka akan dihadapkan pada berbagai situasi yang kadang membuat kewalahan.

Mengasuh dan mendidik anak jelas akan menjadi pengalaman baru bagi setiap orang tua baru. Terlebih, untuk menjadi orang tua yang baik ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Nah, buat kamu yang saat ini sedang atau akan memiliki anak pertama ada beberapa tips dan persiapan menjadi orang tua baru yang bisa kamu ikuti.

1. Persiapkan Kehamilan dan Persalinan

tips menjadi orang tua baru
Sumber gambar : freepik/klingsup

Buat kamu yang sedang mempersiapkan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan. Pelajari tentang tahapan kehamilan dan persalinan termasuk tanda-tanda persalinan, perawatan prenatal, dan cara mengatasi sakit saat melahirkan.

Tidak hanya berlaku untuk wanita, untuk pria atau calon ayah juga harus tahu mengenai ini. Kamu juga bisa mengikuti kelas persiapan kelahiran di rumah sakit atau klinik untuk mendapatkan informasi lebih detail.

2. Siapkan Kebutuhan Bayi

tips menjadi orang tua baru
Sumber gambar : freepik/user12914223

Sebelum buah hati lahir, pastikan sudah mempersiapkan kebutuhan dasar untuk bayi mulai dari kamar tidur, popok bayi, baju bayi, botol susu, dan peralatan mandi bayi. Namun, pastikan kebutuhan bayi ini aman untuk kesehatan bayi, kamu bisa konsultasikan dengan dokter untuk mencegah alergi pada bayi.

Baca Juga : Camilan Sehat Untuk Anak yang Hobi Nyemil

3. Siap Secara Fisik dan Emosional

tips menjadi orang tua baru
Sumber gambar : freepik/tonefotografia

Persiapkan diri secara fisik dan emosional sebelum memutuskan untuk memiliki anak. Pemeriksaan fisik bisa dilakukan di rumah sakit, untuk melihat kesuburan diri sendiri dan pasangan. Konsultasikan ke dokter juga untuk masa kesuburan supaya lebih cepat hamil.

Selain pemeriksaan fisik, persiapkan juga emosional ayah dan ibu. Hal ini karena bertambahnya satu anggota keluarga tentunya akan banyak perubahan dan tentunya dapat menguras emosi. Jadi perlu adanya dukungan emosional dari pasangan, keluarga, dan teman dekat.

4. Buat Rencana Keuangan

tips menjadi orang tua baru
Sumber gambar : freepik/tirachardz

Memiliki bayi maka akan menambah pengeluaran rumah tangga. Mulai dari pengeluaran kebutuhan persalinan, kebutuhan bayi, hingga biaya sekolah. Oleh karena itu buat rencana keuangan yang baik untuk memastikan dana untuk biaya-biaya yang diperlukan.

5. Pengetahuan Merawat Bayi

tips menjadi orang tua baru
Sumber gambar : freepik

Merawat bayi untuk pertama kali tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Jadi penting untuk mempelajari cara mengasuh dan merawat bayi dengan seksama. Mulai dari mengganti popok, menyusui, hingga memandikan bayi.

Kamu bisa mempelajari melalui video tutorial online, buku, hingga bertanya ke mertua atau orang tua. Jangan sungkan juga untuk bertanya ke ahli anak atau dokter anak jika memang diperlukan.

Baca Juga : Tips Atasi Biang Keringat Pada Anak

6. Gaya Hidup Sehat

tips menjadi orang tua baru
Sumber gambar : freepik/ake1150sb

Saat masa kehamilan dan persiapan menjadi orang tua baru tentunya akan membutuhkan banyak energi. Maka pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti makan makanan sehat, olahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan tentunya konsumsi suplemen kesehatan.

Tidak lupa juga selalu rutin cek kesehatan ke dokter untuk menjaga kondisi ibu dan bayi selama masa kehamilan dan pasca melahirkan ya.

Mempersiapkan diri menjadi orang tua baru merupakan pengalaman yang sangat menantang dan perlu ketelatenan. Oleh karena itu perlu adanya dukungan dari diri sendiri, pasangan, dan juga keluarga tidak hanya dibebankan pada wanita/ibu saja.

Nah jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan Si Kecil dengan belanja berbagai perlengkapan bayi di Klik Indomaret. Karena produknya lengkap, ada promo setiap hari, gratis ongkir, dan satu jam pesanan sudah sampai ke rumah loh.

tips menjadi orang tua baru
Periode promo hingga 16 Mei 2023

Belanja Perlengkapan Bayi di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here