biang keringat
Sumber gambar : freepik/jcomp

Badan si kecil tiba-tiba muncul ruam dengan bintik-bintik merah pada kulit? Jangan panik bunda, itu merupakan biang keringat. Biang keringat terjadi akibat sumbatan pada saluran kelenjar keringat di kulit tubuh dan kerap dijumpai pada si kecil.

Biang keringat merupakan salah satu masalah medis yang sering dijumpai pada balita.  Lantas, bagaimana cara mengobati biang keringat pada bayi? Berikut beberapa cara ampuh atasi biang keringat pada si kecil:

Gunakan Pakaian Bayi yang Menyerap Keringat

biang keringat
Sumber gambar : freepik/javi_indy

Salah satu penyebab biang keringat yaitu pakaian yang terlalu tebal sehingga membuat si kecil kepanasan. Oleh karena itu pilih pakaian yang lebih tipis dan menyerap keringat supaya si kecil tidak kegerahan. Pilih pakaian dari bahan katun yang lembut dan tidak sempit.

Pastikan Bayi Tidak Dehidrasi

biang keringat
Sumber gambar : freepik/user18526052

Badan yang berkeringan akan mengurangi kadar air dalam tubuh. Jika bayi sedang mengalami biang keringat dan mudah berkeringat, jangan biarkan ia kehausan. Pastikan si kecil cukup minum untuk menggantikan cairan yang keluar dari tubuhnya melalui keringat.

Buat Ruangan Lebih Sejuk

biang keringat
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Ruangan yang panas menjadi salah satu penyebab si kecil berkeringat. Hal ini kemudian jika dibiarkan akan memunculkan biang keringat. Nah, sebagai langkah pencegahan dan pengobatan buatlah ruangan menjadi lebih sejuk. Atur suhu ruangan pada temperatur tidak terlalu panas, tetapi juga tidak terlalu dingin.

Hindari Penggunaan Bedak Tabur Berlebihan

biang keringat
Sumber gambar : freepik/user17222333

Bedak bayi memang sudah digunakan secara turun temurun untuk perawatan kulit si kecil. Namun sebaiknya hindari pemakaian bedak tabur secara berlebihan. Hal ini karena serbuk halus dari bedak bisa menimbulkan masalah pernapasan pada bayi. Selain itu, bedak bayi juga bisa menutup pori-pori kulit bayi dan membuatnya semakin merasa panas.

Hati-hati dalam Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi

biang keringat
Sumber gambar : freepik/valuavitaly

Bayi juga boleh menggunakan krim atau losion sebagai obat untuk meredakan biang keringat. Lotion yang umum digunakan losion calamine. Namun sebelum itu ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter anak supaya jika jenis kulit bayi yang sensitif dan perlu perawatan khusus.

Biang keringat pada bayi memang bukan penyakit yang berbahaya tetapi jangan anggap sepele. Oleh karena itu perlu lebih waspada dan sigap dalam menanganinya. Jangan lupa konsultasi ke dokter anak untuk selalu memastikan perawatan si kecil sudah tepat.

Ayo penuhi kebutuhan ibu dan bayi di Klik Indomaret, karena produknya lengkap, banyak promo, dan gratis ongkir loh.

biang keringat
Periode promo hingga 7 Juni 2022

Beli Produk Perawatan Bayi di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here