Sumber gambar: freepik/jcomp

Sayur dan buah merupakan sumber nutrisi baik untuk anak. Mulai dari serat, vitamin, hingga mineral ada dalam buah dan sayur. Dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur bisa membuat anak jadi tidak gampang sakit dan membantu tumbuh kembang lebih optimal.

Namun, kebanyakan anak tidak suka makan sayur dan buah. Padahal, di masa pertumbuhannya penting untuk mengonsumsi buah, sayur, dan makanan sehat. Banyak anak menganggap sayuran memiliki rasa yang pahit, sehingga enggan untuk makan sayur.

Nah, berikut ini cara jitu untuk memperkenalkan makanan sehat kepada anak.

Libatkan Anak dalam Memilih Buah dan Sayur

Sumber gambar: freepik

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu memberikan kesempatan anak untuk memilih sendiri makanan sehat yang ingin dicoba. Selain membuat anak lebih bersemangat cara ini juga membuat anak merasa lebih dihargai dan mandiri.

Dengan membiasakan hal ini membuat anak lebih berani untuk mencoba makanan baru. Namun pastikan juga untuk menyediakan pilihan makanan yang sehat dan bernutrisi tanpa harus memaksanya.

Gunakan Cara yang Menyenangkan

Sumber gambar: freepik

Selain melibatkan Si Kecil dalam memilih makanan, bisa juga gunakan cara yang menyenangkan untuk kenalkan makanan sehat. Misalnya bermain tebak-tebakan dengan menyiapkan potongan-potongan kecil buah dan sayur. Kemudian minta Si Kecil untuk menebak setiap buah dan sayur yang Ia makan.

Ajak Anak Memasak Bersama

Sumber gambar: freepik/pch.vector

Ajak Si Kecil saat memasak makanan sehat, hal ini bisa membuat anak lebih tertarik untuk mencoba makanan yang Ia buat. Mulai dengan ajarkan anak membantu mencuci sayur, mengaduk, dan menakar makanan. Cara ini akan membantu anak lebih tertarik dan mandiri untuk mencoba makanan baru. Namun, jangan lupa untuk selalu mengawasi Si Kecil saat membantu memasak supaya tidak terluka.

Berikan Contoh

Sumber gambar: freepik/our-team

Ada pepatah “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” begitu halnya saat mengajak anak hobi makan sayur dan buah. Oleh karena itu berikan contoh yang baik dengan ikut makan sayur dan buah bersama anak. Dengan makan bersama ini tentunya dapat mendorong dan membiasakan anak makan makanan sehat sejak dini.

Jangan Memaksa

Sumber gambar: freepik/yongtick

Terakhir dan tidak kalah penting, yaitu jangan memaksa anak untuk makan sayur dan buah. Ketika anak terlihat tidak suka dengan sayur atau buah yang Ia makan janganlah memaksanya. Cobalah dengan makanan baru atau menyuguhkan makanan dengan cara yang lebih menarik.

Nah itu dia lima tips jitu untuk membuat anak lebih suka makan sayur dan buah. Jangan henti-hentinya untuk mendorong anak makan makanan sehat demi mendapatkan nutrisi yang cukup. Ayo stok buah dan sayur untuk dukung tumbuh kembang dan nutrisi Si Kecil di rumah.

Belanja Buah dan Sayur di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here