perlengkapan mandi bayi baru lahir
sumber gambar: freepik/odua

Bayi baru lahir tentunya juga perlu mandi untuk menjaga kebersihan. Jangan lupa siapkan perlengkapan mandi khusus untuk bayi yang baru lahir.


Mandi adalah salah satu kegiatan untuk menjaga kebersihan bayi baru lahir. Itu mengapa, saat mandi perlu adanya perlengkapan mandi khususnya pada bayi baru lahir.

Selain membersihkan tubuh si kecil, momen mandi juga dapat menjadi waktu yang menyenangkan untuk membangun ikatan antara Ayah / Bunda dengan si Kecil.

Untuk memastikan momen mandi si Kecil berjalan lancar, ada beberapa perlengkapan mandi untuk bayi baru lahir yang bisa Ayah Bunda persiapkan berikut ini.

1. Shampo dan Sabun Bayi

perlengkapan mandi bayi baru lahir
sumber gambar: freepik/lev.studio.x

Pilihlah shampo dan sabun bayi yang berbahan lembut dan bebas dari bahan kimia berbahaya yang bisa saja mengiritasi kulit si Kecil. 

Penting untuk memilih produk yang memang diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang masih sensitif dan memiliki kadar pH yang seimbang. 

2. Bak Mandi Bayi

perlengkapan mandi bayi baru lahir
sumber gambar: freepik/odua

Perlengkapan mandi selanjutnya, adalah bak mandi bayi. Carilah bak mandi bayi yang nyaman dan aman. Pastikan permukaannya stabil dan anti-slip untuk menghindari risiko jatuh atau terpeleset.

Bak mandi yang dibagian bawahnya memiliki bagian lembut, dapat membuat bayi merasa lebih nyaman ketika dimandikan.

3. Handuk Bayi

perlengkapan mandi bayi baru lahir
sumber gambar: freepik/elenkanikolenko

Kemudian pilihlah handuk yang sesuai dengan ukuran yang sesuai untuk si kecil, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Sediakan beberapa handuk yang lembut dan menyerap air dengan baik.

Handuk berbahan katun yang lembut bisa jadi pilihan, karena punya tekstur yang lembut dan memberikan kenyamanan. 

Baca Juga: Perlengkapan Bayi yang Wajib Disiapkan Para Ibu

4. Kain Washcloth Bayi

perlengkapan mandi bayi baru lahir
sumber gambar: freepik/zilvergolf

Untuk bagian wajah, leher, dan area sensitif bayi perlu adanya penggunaan kain washcloth bayi. Pilihlah kain washcloth yang lembut dan tidak kasar agar tidak mengiritasi kulit anak.

Tidak lupa untuk sediakan beberapa kain agar dapat digunakan dengan bersih dan diganti beberapa kali bila diperlukan.

5. Sikat Rambut dan Gunting Kuku Bayi

perlengkapan mandi bayi baru lahir
sumber gambar: freepik/pixel-shot.com

Tidak ketinggalan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala bayi. Pilihlah sikat rambut yang lembut, sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Selain itu, persiapkan juga gunting kuku khusus bayi yang dirancang khusus sehingga lebih aman untuk memotong kuku bayi.

Selain perlengkapan mandi di atas, masih banyak perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan dengan cermat agar kenyamanan dan kesehatan si Kecil tetap terjaga.

perlengkapan mandi bayi baru lahir
Periode promo berlangsung dari 28 Juni – 11 Juli 2023

Belanja Kebutuhan si Kecil Lebih Hemat Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here