Menanti kelahiran si buah hati memang menjadi salah satu momen mengharukan bagi setiap orang tua baru. Bukan hanya menunggu kelahiran saja yang paling menyenangkan, mempersiapkan segala kebutuhan bagi si new born juga menjadi hal wajib bagi orang tua.

Umumnya beberapa persiapan yang dibutuhkan hampir sama semua bagi setiap bayi. Untuk berjaga-jaga ibu, perlu untuk menyiapkan beberapa hal ini sebelum proses kelahiran.

Apa saja ya perlengkapan bayi yang dibutuhkan?

Popok bayi+Perlengkapan mandi

Salah satu item yang wajib masuk ke list belanjaan para ibu sebelum si kecil lahir adalah popok. Nggak cuma popok aja, gunting kecil, sisir, cotton bud, tisu basah, brush dan berbagai peralatan untuk mandi bayi juga diperlukan. Jangan lupa pilih ukuran popok yang sesuai dengan bayi baru lahir.

Tempat tidur bayi 

Menyediakan segala sesuatu agar si bayi merasa nyaman memang menjadi tujuan utama para orang tua. Item selanjutnya yang diperlukan adalah tempat tidur, sering digunakan dalam bentuk box kayu yang sengaja di desain agar melindungi bayi dari resiko jatuh. 

Baju bayi

Baju bayi juga diperlukan loh, model jumpsuit yang sesuai dengan ukuran new born bisa kalian beli beberapa pasang. Item lain seperti kaos kaki, sarung tangan, dan kain lap juga diperlukan untuk menjaga si kecil dari dingin.

Botol susu 

Walaupun metode breastfeeding masih sering dilakukan untuk ibu baru, kalian tetap membutuhkan botol susu bayi untuk menyimpan ASI. Menyimpan ASI ke dalam botol susu atau plastik penyimpanan ASI banyak digunakan oleh ibu yang merangkap sebagai wanita karir. 

Memilih perlengkapan makan si kecil juga nggak boleh sembarangan bunda, pastikan botol bayi memiliki label ‘BPA-free’ berarti botol tersebut bebas dari bahan kimia (Bisphenol A) yang berbahaya bagi tubuh.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here